Spruce Creek, Perumahan yang Penduduknya Punya Pesawat Terbang!

Oleh Aria Sankhyaadi pada 03 Mei 2014, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Mei 2014, 08:00 WIB
Spruce Creek, Perumahan yang Penduduknya Punya Pesawat Terbang!
Perbesar
Penduduk di perumahan Spruce Creek di kawasan utara Florida memiliki pesawat terbang yang diparkir di garasi rumah. (Foto: Amusingplanet)

Liputan6.com, Florida Umumnya jika Anda melintas di sebuah daerah perumahan mewah, Anda akan melihat jejeran rumah lengkap dengan garasi yang berisikan mobil mewah. Namun jika Anda melintas di perumahan unik berikut, Anda akan melihat pemandangan berbeda yang menakjubkan.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral, Jumat (2/5/2014), Spruce Creek, sebuah perumahan yang letaknya di kawasan utara Florida akan menawarkan kepada Anda pemandangan yang tak umum. Pasalnya sebagian besar rumah di lingkungan perumahan tersebut memiliki garasi berisi pesawat terbang.

Spruce Creek adalah salah satu perumahan paling unik di dunia karena memiliki banyak pesawat, karena sebagian besar penghuni perumahan tersebut memang memiliki pesawat aircraft pribadi.

Di sana terdapat 700 hanggar pesawat dengan jumlah rumah yang "hanya" 1.300 unit dan 5 ribu penghuni. Kebanyakan rumah di sana memiliki hanggar pribadi dengan landasan yang dinavigasikan GPS.

Hal ini tak terlalu mengherankan karena warga Spruce Creek kebanyakan memang pilot profesional sehingga mereka memiliki pesawat pribadi yang terparkir di garasi mereka.

Tak hanya pilot, penghuni perumahan tersebut pun ada yang berprofesi lainnya seperti dokter dan pengacara namun mereka juga maniak dengan pesawat. Tak heran, jika Anda dapat melihat pemandangan hilir mudik pesawat dan hal tersebut sudah menjadi sesuatu yang wajar.

Salah satu penghuni Spruce Creek yang terkenal adalah John Travolta yang mengantongi lisensi pilot. Aktor yang terkenal lewat film 'Grease' itu bahkan sempat dikomplain tetangga karena mengemudikan jet Gulfstream II di runway perumahan.

Ia juga sempat diusir karena menerbangkan Boeing 707 bekas Quantas Airline yang dianggap terlalu berisik dan besar untuk landasan di sana.

Perumahan dekat Daytona Beach ini bukan satu-satunya di Amerika Serikat. Konsep perumahan penerbang pribadi dikembangkan setelah Perang Dunia II karena Amerika memiliki terlalu banyak pilot dari 34 ribu orang jadi 400 ribu. Akhirnya pemerintah membuka lahan pemukiman di seluruh negeri yang mengakomodasi kemampuan penerbangan mereka.

Lebih lanjut, hingga kini Amerika Serikat memiliki 600 komunitas warga penerbang dan yang paling banyak tersebar di kawasan Arizona, Colorado, Florida, Texas serta Washington dan Spruce Creek lah merupakan yang terbesar. Komunitas unik seperti ini semakin berkembang di luar negeri seperti Kanada, Afrika Selatan dan Kosta Rika. (Ars/Liz)