Sukses

'Indigo Rose', Tomat Hitam Pekat Hasil Persilangan

Tomat Hitam 'Indigo Rose' memiliki rasa yang enak dan bagus untuk kesehatan karena kaya akan antioksidan.

Liputan6.com, Oregon Tomat, buah yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi ini kerap terlihat berwarna kemerahan dan berwarna hijau, namun ternyata ada jenis tomat terbaru bernama 'Indigo Rose' yang memiliki warna berbeda dari tomat pada umumnya.

Seperti yang dilansir dari Oddity Central, Selasa (22/4/2014),  ‘Indigo Rose’ merupakan salah satu jenis tomat terbaru dengan warna hitam pekat. Meski terlihat aneh, namun buah hasil persilangan antara tomat berwarna ungu dan merah ini memiliki rasa yang enak dan bagus untuk kesehatan karena kaya akan antioksidan.

‘Indigo rose’ memiliki warna hitam pekat di luar dan warna merah keunguan di dalamnya. Buah yang juga disebut sebagai tomat hitam ini awalnya dikembangbiakkan oleh salah satu profesor dari Universitas Oregon bernama Jim Myres saat ini menjalani studi mengenai manfaat tomat.

Ketika menemukan tomat berwarna ungu yang mengandung anthocyanin, yaitu kandungan yang kaya antioksidan, ia dan timnya pun memutuskan untuk membuat persilangannya dengan tomat merah, yang akhirnya menghasilkan ‘Indigo Rose’ ini.

“Ini adalah variasi tomat terbaru yang memiliki anthocyanin di dalamnya. Buah ini akan berkontribusi banyak bagi kesehatan manusia,” ucap Jim.

Buah unik ini pun akhirnya dijual perdana di sebuah supermarket Inggris dan cukup banyak peminatnya.

“Ada beberapa tomat berwarna gelap, tetapi Indigo rose adalah tomat terhitam dan tergelap yang pernah dikembangbiakkan. Buah ini tak semanis tomat pada umumnya dan lebih gurih,” tutur salah satu manajer produk di supermarket Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini