Seni Akuarium di Alam Bebas Lewat Aquascape

Oleh Aria Sankhyaadi pada 17 Apr 2014, 08:15 WIB
Diperbarui 17 Apr 2014, 08:15 WIB
Hadirkan Indahnya Pemandangan Alam Lewat Aquascape
Perbesar
Rusia sukses mengadakan The International Aquatic Plant Layout Contest (IAPLC) yang dihadiri sekitar 2.100 aquascapers dari 60 negara. (Foto: Amusingplanet)

Liputan6.com, Rusia Sungguh menyenangkan jika dapat memandang hijaunya pemandangan alam. Terlebih jika pemandangan alam tersebut dapat dihadirkan sebagai alternatif dekorasi yang dapat semakin mempercantik rumah Anda.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Kamis (16/4/2014), hijaunya pemandangan alam yang dapat memberikan hiburan tersendiri tersebut, kini dapat berpindah ke rumah Anda.

Anda tak perlu bepergian jauh dan menghabiskan biaya yang mahal. Pasalnya, sudah ada dekorasi akuarium yang disebut dengan aquarium landscape atau aquascape/aquascaping. Seperti apakah aquascaping ini?

Aquascaping adalah seni mendekorasi pemandangan dalam akuarium ikan. Uniknya, dalam aquascaping ini tak hanya sekedar meletakkan tanaman-tanaman bawah air, batuan atau kayu-kayuan, tetapi juga menuntut estetika seni, ketelitian dan kesabaran yang tinggi.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi kegiatan aquascaping ini ternyata diminati banyak orang hingga diadakan kontes di tingkat internasional. Salah satunya adalah The International Aquatic Plant Layout Contest (IAPLC).

Kompetisi ini merupakan kompetisi terbesar di dunia yang mengumpulkan para penggemar aquascaping dari seluruh dunia. Sekitar 2.100 aquascapers dari 60 negara berkompetisi untuk merebutkan hadiah utama senilai 1 juta yen atau sekitar Rp. 112 juta.

Bagi Anda yang ingin mempercantik sudut rumah dan menguji jiwa seni, Anda dapat mencoba bidang seni aquascaping ini karena kegiatan ini menuntut kesabaran dan ketelitian.