Fenomena Cahaya Biru di pantai Qingdao Jadi Daya Tarik Turis

Oleh Aria Sankhyaadi pada 07 Apr 2014, 19:40 WIB
Diperbarui 07 Apr 2014, 19:40 WIB
Fenomena Cahaya Biru di Qingdao Timbulkan Rasa Penasaran Wisatawa
Perbesar
Kota Qingdao di Provinsi Shandong, China mendadak ramai dikunjungi wisatawan karena fenomena cahaya biru yang terjadi di pesisir pantai.

Liputan6.com, Qingdao Belum lama ini, sebuah kota kecil di Tiongkok mendadak dikunjungi ribuan turis. Para wisatawan berbondong-bondong berharap ingin dapat melihat fenomena cahaya biru yang terjadi di pesisir pantai kota tersebut.

Seperti yang dilansir dari Uknewsday.com, Selasa (8/4/2014), kota Qingdao di Provinsi Shandong, Tiongkok memang dikunjungi banyak wisatawan. Ini karena di pesisir pantai kota tersebut terjadi fenomena unik, yaitu adanya garis biru menyala, yang akhirnya menarik perhatian wisatawan.



Awalnya, masyarakat setempat khawatir cahaya biru tersebut adalah radiasi kimia di pantai. Namun ternyata setelah diteliti, garis cahaya biru tersebut datang dari hewan laut kecil yang hidup di air laut dan hanya menyala di malam hari.

"Hewan ini akan menyala bila ada reaksi kimia yang terkena di tubuhnya, dan cahaya nyala tubuhnya pun bisa berbeda-beda, kadang kuning, hijau, atau biru," kata Meng Chiu, salah seorang warga Qingdao.

Mereka tidak mengetahui kenapa hewan tersebut bisa bereaksi terhadap zat kimia air laut, dan apa kegunaannya bagi ekologi pantai. Namun yang pasti, keberadaan hewan yang menyala ini menjadi daya tarik baru kota Qingdao.

Lebih lanjut, nyala hewan ini terutama jelas terlihat sangat malam hari. Di saat tersebutlah, wisatawan berkumpul kemudian duduk di tepi pantai Kota Qingdao dan mengabadikan fenomena unik ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya