Tips Mudah Membersihkan Cincin Kawin

Oleh Elizabeth Swanti pada 02 Apr 2014, 07:52 WIB
Diperbarui 02 Apr 2014, 07:52 WIB
Membersihkan cincin kawin
Perbesar
Foto: Fabsugar

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang lebih cantik ketimbang berlian yang berkilauan. Dan untuk menjaga agar berlian pada cincin kawin tetap berkilau, sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah mudah dari dapur Anda!

Mark Keeney, wakil presiden divisi pemasaran Ritani, sebuah toko perhiasan terkemuka di New York menyarankan untuk menggunakan tiga bahan berikut untuk membersihkan cincin kawin Anda: baking soda, pasta gigi dan sabun pencuci piring.

Baking soda adalah bahan yang paling ringan dan paling cocok digunakan untuk membersihkan semua jenis logam dan batu mulia. Tuangkan setengah sendok teh baking soda dalam mangkuk, campurkan dengan sedikit air hangat, lalu aduk hingga mengental seperti pasta lembut. Kemudian, lepaskan cincin Anda dan gunakan jari Anda untuk menggosok lembut pasta tersebut di sekitar berlian, area pengikat dan badan cincin. Setelah itu bilas cincin dengan air hangat dan keringkan dengan kain tak berserat.

Untuk keadaan darurat dan apabila tidak tersedia baking soda di dapur Anda, gunakan pasta gigi dan sikat gigi. Oleskan sedikit pasta gigi pada sikat gigi berbulu lembut. Pilihlah sikat gigi anak-anak yang umumnya memilliki bulu lebih lembut ketimbang sikat gigi orang dewasa dan bulu yang lembut sempurna untuk membersihkan cincin. Gosok cincin dengan lembut dengan sikat, bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan kain tak berserat.

Untuk membersihkan bagian dalam yang sulit dijangkau, tuangkan sedikit sabun pencuci piring pada sikat gigi. Tambahkan sedikit air hangat, lalu gosok berlian dan sekelilingnya dengan lembut, bilas dengan air hangat, keringkan dengan kain tak berserat.

Jika cincin Anda sangat kotor, rendam terlebih dahulu dalam mangkuk berisi larutan sabun pencuci piring dan air hangat selama setengah jam sebelum membersihkannya dengan sikat gigi.

Untuk merawat kilau cincin, hindari paparan hairspray, cat kuku, pemutih dan semua bahan kimia yang berbahaya bagi tangan dan logam.

Keeney berpesan, sebaiknya lepaskan cincin ketika Anda mandi, mencuci wajah atau mengoleskan lotion pada tangan.

Baca Juga:

Kelly Rowland Berbagi Rahasia Keharuman Tubuhnya

Alasan Mengejutkan kenapa Tas-tas Mewah Harganya Tak Masuk Akal

Survei: Rata-rata Wanita Punya Pakaian yang Tak Pernah Dipakai