Sukses

Make-up Artis Terbaik Oscar 2014 Hanya Bermodal Rp 2,7 Juta

Penghargaan Oscar memang selalu penuh kejutan. Demikian juga yang dirasakan oleh Make-up Artist film Dallas Buyers Club

Liputan6.com, Los Angeles Penghargaan Oscar memang selalu penuh kejutan. Demikian juga yang dirasakan oleh Make-up Artist film Dallas Buyers Club, Adruitha Lee dan Robin Mathews yang memenangkan penghargaan Oscar 2014 untuk kategori Best Makeup and Hairstyling.

Dalam kategori ini, Dallas Buyers Club mengalahkan Stephen Prouty, makeup artist  dalam film Jackass Presents: Bad Grandpa, serta Joel Harlow dan Gloria Pasqua-Casny yang terlibat sebagai makeup-artist dalam The Lone Ranger.

Yang tak kalah mengejutkannya adalah, ternyata kedua makeup artist ini hanya bermodalkan 250 USD (sekitar Rp 2,7 juta) ketika mengerjakan make-up untuk keseluruhan film yang menceritakan tentang penderita AIDS ini.

“Budget itu sudah termasuk honor saya untuk dibagi dengan (Adruitha) Lee, dan kami berdua harus putar otak mencari akal untuk memperoleh hasil yang maksimum dengan biaya yang minim,” kata Mathews sebagaimana dikutip dalam situs Nola. 

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diterima oleh film Dallas Buyers Club dalam ajang Oscar 2014. Sebelumnya, Jared Leto memenangkan penghargaan Best Supporting Actor.

"Ini merupakan impian bagi saya dan bagi para makeup artist lainnya, dan kami sudah bersyukur masuk nominasi untuk kategori ini,” kata Mathew dalam wawancara setelah pengumuman nominasi Oscar pertengahan Januari lalu.

Sementara ketika berada di panggung setelah menerima Oscar, Mathews menyatakan terimakasihnya kepada kedua aktor utama film tersebut: Jared Leto dan Matthew McConaughey.

 

“Mereka membebaskan kami untuk berkreasi dalam mentransformasi dan ‘menyiksa’ kalian (Leto dan McConaughey). Untuk semua korban AIDS , kami merasa terhormat dan diberkati untuk menyampaikan cerita Anda pada generasi muda yang tidak memahami apa itu AIDS."

Dalam film ini, tata rias Mathews berperan membuat McConaughey dan Jared Leto terlihat sakit dimana riasan tulang dan pembuluh vena terlihat seperti sungguhan sepanjang film.

Karya Mathews juga sempat meraih penghargaan tertinggi untuk Best Period and / or Character MakeUp bulan Februari lalu dari Makeup Artists and Hairstylists Guild, namun tantangan terberatnya justru datang dari ajang Oscar, yang ternyata juga dimenangkannya. (liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.