Sukses

Bermodal Janji Manis Pria di Magetan Cabuli Gadis Berusia 15 Tahun

Polisi menangkap seorang pria berinisial KA (28) warga Kecamatan Panekan, Magetan, Jawa Timur.

Liputan6.com, Magetan - Polisi menangkap seorang pria berinisial KA (28) warga Kecamatan Panekan, Magetan, Jawa Timur. KA diduga melakukan pencabulan terhadap gadis berusia 15 tahun di sebuah penginapan pada 11 Juni 2022.

Kasatreskrim Polres Magetan, AKP Rudy Hidajanto mengatakan, modus pelaku mencabuli korban dengan menjanjikan akan menikahinya. Pelaku merayu korban hingga mau diajak menginap di sebuah penginapan, lalu melakukan hubungan layaknya suami istri.

"Usai melakukan hal tersebut diberi janji akan dinikahi meski korban masih usia remaja. Pelaku pun mengajak korban jalan jalan ke Sarangan dan menginap di salah satu penginapan," kata Rudy kepada wartawan, Kamis (28/07/22).

"Pelaku mengenal korban dari media sosial dan sudah berjalan selama setahun," tambahnya.

Rudi menambahkan, aksi pencabulan pelaku diketahui setelah guru bela diri korban menanyakan alasannya jarang ikut latihan dan membolos. Kepada guru bela dirinya korban menceritakan menganai hubungannya dengan pelaku, bahkan sampi menceritakan hubungan badan mereka.

“Akhirnya, pelatih bela diri korban ini melapor ke orangtua korban. Orang tua korban menanyai anaknya, korban akhirnya mengaku ke orang tuanya," ujar Rudy.

Tidak terima dengan pencabulan yang dialami anaknya, orang tua korban melaporakan pelaku ke polisi. Pelaku ditangkap di kediamannya tanpa perlawanan.

Karena ulahnya, pelaku dijerat Pasal 81 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 287 ayat 1 KUHP.

"Ancamannya adalah penjara minimal 5 tahun maksimal 15 tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar," tutup Rudy.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.