Sukses

Gunung Raung Meletus Warga Banyuwangi Tak Rasakan Getaran atau Gemuruh

Gunung Raung yang berjenis gunung api kerucit di Jawa Timur meletus, Rabu (27/07/22)

Liputan6.com, Banyuwangi - Gunung Raung yang berjenis gunung api kerucit di Jawa Timur meletus, Rabu (27/07/22). Gunung yang terletak di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso dan Jember itu mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1,5 kilometer dari atas puncak.

Kepala pos pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan gunung yang memiliki tinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu meletus sekitar pukul 17.19 Wib. Abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke Bondowoso dan Jember.

"Benar. Gunung Raung meletus. Abu vulkaniknya mengarah ke barat laut," kata Mukijo.

Mukijo menyebutkan, meski meletus sampai saat ini Gunung Raung masih berstatus normal atai level I. Dia juga belum merekam adanya erupsi susulan dari gunung yang memiliki kaldera dengan kedalaman 500 meter itu.

"Masih terus kita pantau," ujar Mukijo.

Kepala Desa Sumberarum, Banyuwangi, Ali Nurfatoni warga yang berada di sekitar Gunung Raung tak merasakan dampak dari letusan. warga sekitar tidak merasakan adanya getaran letusan ataupun suara gemuruh.

"Tidak ada warga yang melaporkan adanya suara ataupun getaran saat erupsi," kata Ali.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.