Sukses

Setelah Situbondo dan Jember, Kini Giliran Sidoarjo yang Tolak Ceramah Hanan Attaki

Hanan Attaki ditolak karena dituduh merupakan eks-HTI.

Liputan6.com, Jatim - Gelaran Tabligh Akbar Konser Langit dengan penceramah Ustaz Hanan Attaki dibatalkan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sebelumnya kegiatan ini juga ditolak sejumlah daerah lainnya di Jatim seperti Jember dan Situbondo.

Di Situbondo, awalnya kegiatan ini direncanakan digelar 30 Juli 2022. Panitia mengungkapkan alasan pembatalan yaitu ada keberatan dari sejumlah organisasi kemasyarakatan dan Bakesbangpol Pemkab Sidoarjo berkaitan dengan pembicara utama yaitu Hanan Attaki.

Ketua Panitia Festival Muharram 1444H Masjid Nurul Iman Taman Dhika, Ivosh Nailfauza mengatakan pihaknya ikhlas dengan adanya pembatalan itu.

"Hingga pembatalan setidaknya 1.500 orang sudah mendaftar untuk Festival Muharram 1444H dan Konser Langit," katanya, selasa (26/7/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klarifikasi Hanan Attaki

Sementara Ustaz Hanan Attaki telah memberikan klarifikasi bahwa dia bukan eks anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan tuduhan tersebut fitnah semata.

Hanan Attaki menyatakan diri sebagai alumnus Ponpes Ruhul Islam Banda Aceh dan lulusan Jurusan Tafsir Alquran Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Dia juga menyatakan diri berakidah Asy’ariah dan bermazhab Imam Syafi’i (Ahlussunnah wal Jama’ah). Sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan organisasi terlarang HTI, baik sebagai struktural maupun simpatisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.