Sukses

Target Transaksi Hingga Rp 15 Miliar Pada Festival Jember Kota Cerutu 2022

Festival JKCI 2022 akan dihadiri 10 duta besar negara, salah satunya adalah Kuba yang dikenal sebagai penghasil tembakau terbaik

Liputan6.com, Jakarta Gelaran festival Jember Kota Cerutu diyakini akan berdampak terhadap sektor ekonomi. Festival tersebut mempertegas posisi Jember Jawa Timur sebagai kota Cerutu dunia.

Bupati Jember Hendy Siswanto optimis peningkatan sektor ekonomi akan terdampak dalam festival ini. Pengunjung yang datang baik personal maupun instansi akan membeli cerutu Jember.

“Mereka datang membeli cerutu kita dan tertarik dengan Jember, yang diwujudkan dalam kerja sama, kontrak kerja, atau juga MoU,” ujar Hendy, Sabtu (23/7/2022).

Ketua Panitia JKCI sekaligus pemilik Boss Image Nusantara (BIN) Cigar, Febrian Ananta Kahar menjelaskan, Jember Kota Cerutu menjadi gebrakan tegas Jember sebagai kota cerutu dunia.

Pihaknya menargetkan JKCI 2022 tahun ini bisa mencapai transaksi Rp 15 miliar. Dia menyatakan, JKCI 2022 akan dihadiri 10 duta besar negara, salah satunya adalah Kuba yang dikenal sebagai penghasil tembakau terbaik.

Febrian menyampaikan, selain memperkenalkan tembakau, cerutu dan kesenian Jember, nantinya juga akan ada selling product yang diharapkan akan semakin meningkat.

“Ya memang kami harapkan dengan agenda ini bisa meningkatkan kerja sama dan penjualan produk lain yang berasal dari Kabupaten Jember,” harapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerutu Terbaik Dunia

Seperti diketahui, Jember dikenal penghasil cerutu terbaik di dunia. Awalnya tembakaui Jember diekspor dalam bentuk bahan mentah.

Kemudian, tembakaui Jember dijual ke berbagai negara yang memiliki perusahaan produsen rokok atau cerutu sehingga nilai ekonomisnya kurang maksimal.

Namun dalam perkembangannya muncul perusahaan lokal Jember yang berusaha memproduksi rokok, khususnya cerutu. Bahan bakunya tembakau kualitas ekspor yaitu tembabakau jenis BNO.

Tercatat 4 perusahaan cerutu di Jember yang sudah berskala nasional. Di antaranya Mangli Diaya Raya (MDR), Kopkar Kartanegara, Dwipa Nusantara Tobacco, dan PT BIN Cigar. Selain itu ada dua produsen cerutu skala internasional, yakni Burger Sohne AG dan Villinger Sohne AG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.