Capaian Vaksin Booster di Probolinggo Masih Rendah

Oleh Liputan6.com pada 19 Jul 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2022, 16:00 WIB
Capaian Vaksin Booster di Probolinggo Masih Rendah
Perbesar
Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga (booster) pada seorang pria di Taman Suropati, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap vaksin booster jadi syarat perjalanan. Termasuk, syarat berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Pemkab Probolinggo Jawa Timur mengatakan capaian vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster masih rendah. Pemkab juga mengakui gerakan vaksinasi mulai melemah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Probolinggo Mujoko mengimbau aparatur sipil negara (ASN) untuk dilakukan booster. Dia menyebutkan, capaian vaksin booster di Kabupaten Probolinggo masih 10 persen dari target.

"Sementara target dari pusat harus mencapai 70 persen,” ungkapnya, Senin (18/7/2022).

Mujoko menerangkan, sebagian ASN di Pemkab Probolinggo sudah vaksin booster. Hanya saja pihaknya tetap mengundang dan memfasilitasi ASN yang belum booster.

Ini menunjukkan ASN sebagai role model sudah booster semua. Harapannya ASN yang belum booster betul-betul bisa hadir dan akhirnya bisa dilihat masyarakat bahwa ASN sangat patuh untuk booster.

“Dengan begitu juga akan ditiru oleh masyarakat yang lain. Melalui booster terus terang satu sisi menunjukkan kepatuhan kita terhadap instruksi yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan meningkatkan herd immunity bagi yang bersangkutan,” tegasnya.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan, pelayanan vaksinasi booster dalam momentum Hari Koperasi Nasional ke-75 dilakukan untuk mendukung pencapaian herd immunity, khususnya di kalangan ASN dan anggota gerakan koperasi.

Saksikan video pilihan berikut ini

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Sinergitas

“Koperasi sebagai ekonomi kerakyatan memiliki dimensi sosial yang selalu hadir dalam setiap momentum sosial dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Pelayanan vaksinasi booster ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 tahun 2022,” katanya.

Menurut Anung, pelayanan vaksinasi booster ini merupakan salah satu bentuk sinergitas yang dilakukan oleh DKUPP Kabupaten Probolinggo bersama dengan Dinkes dan Dewan Koperasi Indonesia untuk membangun masyarakat koperasi untuk sehat.

“Untuk itu, kita mengajak segenap ASN dan anggota Gerakan Koperasi Kabupaten Probolinggo yang belum booster untuk dapat mengikuti vaksinasi booster Covid-19 pada tanggal 18 Juli 2022 di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya