Fakta Terbaru, Jumlah Perempuan di Jatim Lebih Banyak dari Laki-laki

Oleh Liputan6.com pada 13 Jul 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 13 Jul 2022, 08:00 WIB
wanita pantai
Perbesar
ilustrasi perempuan berlibur ke pantai/copyright unsplash.com/Linda Xu

Liputan6.com, Jatim - Berdasarkan komposisi jenis kelamin pemuda di Jawa Timur pada tahun 2021, jumlah pemuda laki-laki lebih sedikit dibandingkan jumlah perempuan. Laki-laki sebanyak 49,80 persen sedangkan perempuan 50,20 persen.

Hal itu tercatat dalam Laporan Statistik Pemuda Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 yang dipublikasikan di laman resmi BPS Jatim, Juli 2022.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Dadang Hardiwan mengatakan bahwa peran pemuda yang semakin strategis menuntut pemuda untuk lebih kreatif, inovatif, produktif, dan memiliki kapasitas lebih agar berdaya saing.

Laporan ini juga menyajikan data persentase pemuda berdasarkan kelompok umur pemuda. Nilai tertinggi ada pada kelompok umur 19-24 tahun dengan persentase sebesar 40,11 persen.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Fenomena Pindah ke Kota

Pola yang sama terlihat pada kelompok perkotaan dan perdesaan serta kelompok laki-laki dan perempuan.

Kemudian berdasarkan tipe daerah menunjukkan lebih dari separuh pemuda Jawa Timur tinggal di perkotaan atau sebanyak 56,70 persen.

Perkotaan masih dianggap sebagai tempat yang menjanjikan, baik dalam menuntut ilmu maupun mencari pekerjaan/nafkah.

Fasilitas perkotaan yang relatif lengkap diiringi dengan kemajuan pendidikan, keberagaman lapangan pekerjaan, dan akses teknologi menjadi daya tarik bagaikan magnet bagi kaum muda.

Kehidupan di perkotaan dinilai lebih menyenangkan daripada di perdesaan, karena semua kemajuan teknologi berpusat di perkotaan. Hal inilah yang menjadi daya tarik penduduk perdesaan untuk pindah ke perkotaan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya