Sukses

Cita Rasa Kuliner Jombang Bikin Ketagihan

Tidak jauh berbeda dengan kuliner lain yang ada di Jawa Timur namun di Jombang sendiri memiliki cita rasa khas

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Jombang Jawa Timur bisa menjadi pilihan tepat para pengunjung yang berlibur kesini. 

Selain memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik, kuliner Jombang juga harus kamu cicipi. Berbagai makanan yang enak dan unik bisa kamu nikmati di daerah ini. 

Tidak berbeda jauh dengan daerah Jawa Timur lainnya, namun, tentunya kuliner tiap daerah memiliki cita rasa masing-masing yang unik dengan rempah khas. 

Kuliner khas Jombang menjadi salah satu destinasi wisata menggugah selera. Mengunjungi beberapa tempat makanan legendaris yang namanya sudah terkenal tentunya menjadi kenikmatan tersendiri. 

Onde Onde

Onde-onde kacang merah merupakan makanan khas Jombang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Hampir sama dengan jenis onde-onde lainnya, namun onde-onde Jombang ini menggunakan kacang merah sebagai isian bagian dalamnya. Menyantapnya dengan teh manis akan membuatnya makin nikmat.

Sop Buntut Bakar Bu Henny

Sop Buntut Bakar Bu Henny bisa menjadi sajian makan siang yang menggugah selera. Apalagi porsi dan rasanya juga akan membuatmu sangat puas. Sop buntut bakar khas Bu Henny, menjadi salah satu tempat yang cukup ramai didatangi para pengunjung. Cita rasanya terasa berbeda dengan sop buntut lainnya.

Nasi Bali Daging

Nasi Bali Daging merupakan salah satu makanan khas Jombang yang cukup populer. Lauk-pauk yang biasanya menyertai hidangan Nasi Bali adalah daging, ayam, telur (rebus maupun goreng), tempe, bahkan tahu.

Nasi Bali Daging ini biasanya menggunakan daging khusus, yaitu pada bagian sanding lamur. Dengan rempah-rempah khas sebagai bumbunya, dijamin kamu bakal ketagihan. Kamu bisa menemui kuliner ini di Alun-alun Kota Jombang.

Rawon Rosobo

Salah satu makanan khas Jombang yang juga sangat legendaris adalah rawon Rosobo yang berlokasi di jalan utama Surabaya-Jombang tepatnya di jalan raya Mojoagung. Tempat ini memang terkenal karena menu rawon yang bikin ketagihan.

Ciri khas rawon Rosobo adalah potongan daging atau yang disebut empal berukuran besar dan tebal. Selain itu rawon di tempat makan ini memiliki kuah yang gurih dan lezat.

Itulah beberapa makanan khas Jombang Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi dan cicipi. Saat jalan-jalan menikmati alam Jombang, jangan lupa untuk mengisi perut dengan makanan khas Jombang yang tak ada duanya.

Ketan Merdeka

Kudapan tradisional Ketan Merdeka satu ini sangat ramai dikunjungi saat pagi hari. Warung Ketan Merdeka berlokasi di Jalan Gusdur Nomor 29, Candi Mulyo.

Di makanan khas Jombang ini kamu bisa menikmati beraneka ragam ketan, seperti ketan hitam dan ketan putih. Seporsi ketan biasanya disajikan dengan dua macam bubuk yang berbeda warna, lalu ditaburi parutan kelapa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ayam Panggang Urap

Makanan khas Jombang yang berikutnya adalah Pecel Pincuk Bu Djiah. Berlokasi di Jalan Wahid Hasyim, pecel pincuk ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Jombang. Rasanya kurang jika jalan-jalan ke Jombang namun tidak mengunjungi Pecel Pincuk Bu Djiah.

Sama seperti pecel pada umumnya, pecel di sini terdiri dari beragam sayuran yang disiram saus kacang dengan rasa yang khas. Kamu bisa memilih nasi atau lontong. Lauk pauk yang ditawarkan pun lengkap, mulai dari tahu, tempe goreng, rempela ati goreng, empal daging, ayam goreng, telur ceplok, atau telur dadar.

Es Degan Durian

Makanan khas Jombang selanjutnya adalah Es Degan Durian khas Jombang. Jika biasanya es degan akan diberi tambahan rasa sirup gula merah saja, di Jombang kamu akan menemukan es degan dengan campuran buah durian, alpukat serta nata de coco untuk isiannya.

Es kelapa ditambahkan dengan daging buah durian membuat es ini memiliki dominan rasa manis. Selain itu rasa serta aroma yang khas dari buah durian tersebut sangat menggugah selera. Rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi, tentunya sangat nikmat dan menyegarkan.

Nasi Kikil Bu Tandur

Makanan khas Jombang pertama yang juga legendaris, yaitu Nasi Kikil Bu Tandur. Bahkan, dikabarakan nasi kikil yang berlokasi di Jalan KH. Hasyim Asy'ari ini merupakan salah satu makanan favorit Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Satu porsi nasi kikil biasanya terdiri dari nasi, kikil, nangka muda, dan paru yang disajikan menggunakan pincuk daun pisang. Menikmatinya di kala lapar tentunya akan memuaskan mulut dan perutmu.

Sego Sadukan

Satu bungkus sego sadukan biasanya terdiri dari nasi, mi, ikan teri, serta irisan tempe, dan tahu. Wisata kuliner Jombang satu ini juga merupakan kuliner khas Jawa Timur. Cara penyajiannya menggunakan daun pisang sebagai wadah pembungkusnya.

Sego Sadukan banyak digemari karena tambahan sambal super pedasnya. Kamu juga dapat memilih beragam lauk tambahan yang ditawarkan, seperti telur, ayam, dan daging. Meski tampaknya sederhana, wisata kuliner Jombang ini berhasil membuat katagihan banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.