Sukses

Calon Haji Asal Lamongan Meninggal Dunia di Madinah

Dari hasil rekam medik diketahui bahwa pasien meninggal karena mengidap penyakit jantung irama berat

Liputan6.com, Jakarta Seorang jemaah calon haji asal Kabupaten Lamongan Jawa Timur dikabarkan meninggal dunia di tanah suci.

Calon haji diketahui bernama Bawuk binti Karso (58) tersebut meninggal pada hari Senin, 13 Juni 2022. Dia meninggal saat sedang dirawat di sebuah klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI) Madinah, Arab Saudi.

"Ia benar pasien meninggal karena punya penyakit jantung," kata dokter spesialis jantung di KKHI Madinah, dr Muhaimin Manizu Hawi dilansir Antara.

Dia menyebutkan, semula pasien merasa sesak nafas. Kemudian pasien diantar ke KKHI kleh suami dan ketua rombongan. 

Muhaimin mengatakan, setelah dicek, pasien mengidap penyakit jantung. Sementara dari rekam medik diketahui bahwa pasien meninggal karena jantung irama berat.

Setelah diperiksa lebih lanjut dengan penanganan khusus, diagnosis sementara, pasien juga punya riwayat penyakit paru. Saat itu, kondisi pasien mulai memburuk. Karena pasien baru datang dari ziarah.

"Jelas karena kecapekan atau kelelahan," tambah Muhaimin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Membaik

Pasien kemudian diperiksa lebih lanjut di ruang IGD selama sekitar satu jam dan kondisi pasien kembali stabil. Selanjutnya, tim dokter melakukan observasi kondisi pasien selama delapan jam.

"Kondisi pasien membaik. Lalu diputuskan untuk pindah ke ruang biasa. Tidak lagi di ruang IGD. Pada hari kedua, usai salat subuh kondisi pasien sudah stabil dan sadar. Sempat makan. Namun, tiba-tiba pada pukul 08.30 WAS, pasien tidak sadarkan diri," kata Muhaimin.

Tim dokter langsung menangani dan cek kondisi pasien sekitar satu jam, namun pada pukul 09.45 waktu setempat, pasien tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Almarhumah Bawuk binti Karso berangkat ke Tanah Suci bersama suaminya.

Hingga sembilan hari operasional haji 1443H/2022M tercatat tiga orang calon haji Indonesia meninggal dunia di Madinah, yaitu Suhati Rahmat Ali Binti H. Rahmat asal Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) meninggal dunia setiba di Bandara Madinah dan Bangun Lubis Wahid dari Embarkasi Padang (PDG4) meninggal usai salat di Masjid Nabawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.