Puluhan Sapi Sembuh, Kabupaten Bangkalan Pastikan Nol Kasus PMK

Oleh Liputan6.com pada 26 Mei 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 12:30 WIB
Puluhan Sapi Sembuh, Kabupaten Bangkalan Pastikan Nol Kasus PMK
Perbesar
lustrasi sapi ternak (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Dinas Peternakan (Disnak) Bangkalan Jawa Timur menyatakan kasus wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Bangkalan teratasi dan dipastikan nol kasus.

Sebelumnya, sebanyak 32 ekor sapi di Kabupaten Bangkalan dikarantina karena suspek PMK tersebut kini sudah mulai sembuh.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan (Disnak) Bangkalan Ali Makki mengatakan sembuhnya 32 ekor sapi tersebut menandakan Bangkalan sudah nihil dari wabah PMK

“32 sapi yang suspect itu kita lakukan penyuntikan dua kali antibiotik, sekarang sudah sehat kembali. Artinya kasus di Bangkalan sudah nihil,” katanya, Rabu (25/5/2022).

Meski begitu, Disnak Bangkalan tidak akan lengah dengan penyakit yang sempat mengakhawtirkan para peternak tersebut. Upaya penyuntikan vitamin dan antibiotik pada sapi yang berada dalam satu kandang dengan sapi suspect maupun positif terpapar terus dilakukan.

Saksikan video pilihan berikut ini;


Treking

"Lagi pula untuk vaksin khusus wabah ini kan masih belum ada, untuk yang suspect itu kami berikan antibiotik penanganan penyakit biasa, kan tidak jauh beda penyakitnya, hanya penularannya saja yang lebih cepat,” jelasnya.

Selain itu, tidak dilakukannya penyuntikan ataupun treking pada ternak warga, lantaran dikhawatirkan akan menimbulkan kepanikan bagi peternak. 

“Kalau secara fisik sehat tidak ada gejala apapun, maka kami biarkan. Kecuali ada gejala, maka petugas akan bergerak cepat,” tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya