Gubernur Khofifa Harap Muncul Sony Dwi Kuncoro "Baru" di Bulu Tangkis

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2022, 15:17 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 16:02 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Perbesar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya Gubernur Jawa Timur Khofifa Indar Parawansa, berharap muncul Sony Dwi Kuncoro "baru" yang dapat membawa nama provinsi di Kancah nasional maupun internasional melalui bulu tangkis. 

"Ada Sony Dwi Kuncoro, Alan Budi Kusuma, Minarti Timur, bahkan juara dunia Rudi Hartono. Mereka adalah simbol luar biasa dan pemacu semangat atlet muda,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, seperti dilansir dari Antara Minggu (22/5)

ia mengakui, Jawa Timur sebagai salag satu "ladang" pencetak legenda atlet-atlet bulu tangkis profesional tingkat dunia.

Lebih jauh, Khofifa mengenang masa-masa para legenda bulu tangkis tersebut yang merupakan gravitasi bagi atlet di zamannya sampai saat ini.

“Para patriot olah raga bulu tangkis tersebut saat ini menjadi pahlawan dan inspirasi para generasi muda Indonesia,” ucap Khofifa.

Berbagai upaya dilakukan, memunculkan atlet baru, yaitu dengan menggelar kejuaraan bulu tangkis yang pesertanya atlet-atlet muda berbakat, Piala Gubernur Jatim 2022.

Menurutnya, ajang tersebut tak hanya sekedar kompetisi, namun ada proses apresiasi bagi para senior dan semangat yunior untuk mengikuti jejak kesuksesan sebelumnya.

Turnamen dijadwalkan digelar di GOR Sudirman Surabaya pada 28 Mei 2022 hingga 4 Juni 2022.

"Saya berharap ini dapat membangun semangat bagi jajaran Pengprov PBSI yang baru untuk melakukan konsolidasi sekaligus menguatkan jejaring pencarian dan pembibitan atlet bulu tangkis Jatim,” katanya.

Sementara itu, Ketua PBSI Jatim Tonny Wahyudi menyampaikan kejuaraan bulu tangkis Piala Gubernur ini merupakan salah satu proses penjaringan atlet.

“Mereka yang unggul nantinya akan dikirim pada pertandingan Piala Presiden di Jakarta awal Agustus mendatang,” tutur dia.

"Selanjutnya di GOR Sudirman juga akan ada International Challenge yang diikuti oleh para atlet bulu tangkis dari seluruh dunia,” kata Tonny menambahkan.

Di sisi lain, PBSI Jatim dalam waktu dekat akan merenovasi GOR Sudirman Surabaya untuk mempersiapkan pertandingan.

Termasuk, lanjut dia, untuk pengembangan fasilitas asrama bagi para atlet binaan PBSI Jatim dan KONI Jatim.

Simak juga video pilihan berikut ini

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya