Segarnya Mata Air Pegunungan di Wisata Sawah Sumber Gempong Mojokerto

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 10:00 WIB
Wisata Sumber Gempong.
Perbesar
Wisata Sumber Gempong. (Foto: Backpackeriyah)

Liputan6.com, Mojokerto - Berlibur di alam terbuka tentu saja memberikan sensasi tersendiri. Apalagi datang bersama teman atau keluarga tercinta. Pemandangan yang indah serta kesejukan udara dapat menghilangkan kepenatan dari segala aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Nah, salah satu wisata alam dapat anda kunjungi adalah Wisata Sawah Sumber Gempong yang berada di kawasan kaki Gunung Penanggungan, berjarak tidak jauh dari Taman Ghanjaran. Hanya sekitar 1 kilometer atau sekitar 5–10 menit berkendara. Lokasinya di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Wisata Sawah Sumber Gempong terdapat kolam renang besar yang airnya berasal dari sumber mata air pegunungan. Airnya begitu segar dan murni tanpa menggunakan kaporit sedikitpun. Menurut warga sumber air tersebut tetap mengalir meskipun disaat musim kemarau. Sumber mata air Sumber Gempong sejak dulu dimanfaatkan warga untuk irigasi sawah karena mayoritas penduduk Desa Ketapanrame merupakan petani. Dari sumber mata air tersebut dibuatlah kolam untuk mengairi sawah warga.

Biaya masuk Wisata Sawah Gempong cukup murah. Anda hanya membayar tiket masuk Rp5 ribu saja. Anda sudah dapat berendam di kolam dengan sensasi kesejukan mata air pegunungan. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia seperti motor ATV, sepeda air serta tenda yang digunakan untuk camping dan cafe.

Untuk bisa menunggangi motor ATV kamu akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp25 ribu untuk 3 kali putaran, kemudian untuk sepeda airnya dikenakan tiket tambahan sebesar Rp10 ribu.

Putri Rahayu, salah satu pengunjung mengatakan sangat senang bisa datang di Wisata Sawah Sumber Gempong. Apalagi suasana yang jauh dari keramaian kota jadi dapat mendengarkan kicauan burung, suara gemercik air, dan hembusan angin yang sejuk.

"Sangat seru berlibur disini, apalagi pemandangan persawaahannya sangat indah, ucapnya.

Jadi bagi yang penasaran dengan keseruan dan keindahan Wisata Sawah Sumber Gempong anda dapat mengagendakan untuk berkunjung di hari libur atau akhir pekan. Namun jika anda lebih senang dengan suasana tenang, datanglah disaat hari biasa.

Simak juga vieo pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya