Sandiaga Uno Ajak Wisatawan Nonton World Surfing League di Banyuwangi

Oleh Liputan6.com pada 13 Mei 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 21:00 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Kanan) menyimak arahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretaif Sandiaga Uno (Istimewa)
Perbesar
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (Kanan) menyimak arahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretaif Sandiaga Uno (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak wisatawan menonton ajang selancar internasional World Surf League Championship Tour (WSL CT) 2022 yang bakal digelar di Pantai Plengkung atau G-Land, Banyuwangi, Jawa Timur, untuk membangkitkan sektor pariwisata.

Hal ini disampaikan sama dirinya bertemu dengan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Kita akan all out mendukung WSL CT di G-Land ini, karena ini akan menggerakkan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Banyuwangi sebagai kabupaten dengan tingkat kemiskinan yang paling rendah di Indonesia,” ungkap Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat, (13/5/2022) seperti dilansir Antara

Mengenai akomodasi, pemerintah daerah Banyuwangi disebut telah menyiapkan tiga hunian yang berada di sekitar lokasi atau di dalam Taman Nasional Alas Purwo, yakni Jaya’s Camp, Bobby’s Surf Camp, dan Jiwa Jawa.

Ia menghimbau para wisatawan yang hendak menyaksikan ajang tersebut untuk memesan hotel penginapan sedari dini. Selain itu, telah disediakan pula sejumlah homestay di sekitar G-Land, yaitu Desa Tegaldimo yang berjarak sekitar 20 menit dari lokasi acara.

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa WSL sudah masuk ke dalam Calender of Event Internasional yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Karena itu, pihaknya mengaku siap mendukung penuh kesuksesan ajang selancar internasional tersebut yang bakal digelar dari 27 Mei-6 Juni 2022.

“Ini event kelas dunia, kalau kita bicara desain besar olahraga nasional, olahraga selancar atau surfing mestinya masuk ke dalamnya. Lantaran sudah masuk olimpiade, dan kita punya ombak terbaik di dunia. Dengan karakteristik G-Land memiliki ombak kiri terbaik di dunia dengan panjang gelombang bisa mencapai 2 kilometer,” ujarnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Liga Selancar Paling Bergengsi di Dunia

Surfing
Perbesar
Aksi peselancar wanita Prancis, Johanne Defay, saat berlomba di WSL Rio Pro Women's World Championship Tour di Pantai Grumari, Rio de Janeiro, Brasil. (AFP/Christophe Simon)

Kata Sandiaga, WSL merupakan liga selancar paling bergengsi di dunia dengan social engagement tertinggi ketiga untuk ajang olahraga setelah National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL/liga football AS), mengalahkan MotoGP yang berada di posisi sembilan.

Nantinya, ajang ini akan menghadirkan 24 peserta pria dan 12 peserta wanita. Salah satunya ialah Gabriel Medina yang merupakan peselancar asal Brazil peraih tiga gelar juara dunia.

Peselancar nasional asal Indonesia Rio Waida juga diharapkan bisa tampil dalam turnamen tersebut.

“Kita akan menyelenggarakan lomba surfing internasional yang bisa diibaratkan sebagai piala dunianya para selancar dunia setelah mereka mengikuti beberapa series sebelumnya di Hawai (Amerika Serikat), Australia, Portugal, dan mereka akan hadir di Banyuwangi,” ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan kesiapan kegiatan WSL CT sudah dalam proses, termasuk pula terkait sarana dan prasarana pendukung yang sudah hampir rampung.

“Kami juga membuat side event sebelum kegiatan WSL, bahkan kami juga ada kegiatan pendukung, seperti campervan, surfing coaching clinic bagi anak-anak, bazar UMKM, dan sebagainya,” ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya