Sukses

Wali Kota Eri Cahyadi akan Evaluasi Tempat Wisata di Surabaya

Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi mengevaluasi seluruh tempat wisata di Kota Pahlawan.

Liputan6.com, Surabaya Pasca ambrolnya seluncuran air di kolam renang Kenjeran Park (Kenpark) pada Sabtu (7/5), Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi mengevaluasi seluruh tempat wisata di Kota Pahlawan.

"Saya menekankan kembali kepada setiap investor yang memiliki tempat wahana wisata di Surabaya, harus memiliki izin. Selain itu juga harus diimbangi dengan perawatan berkala agar tidak terjadi lagi hal serupa di tempat wisata lain," kata Wali Kota Eri Cahyadi seperti dilansir dari Antara Minggu (8/5)

Menurut ia, kalau pemeliharaan dilakukan investor , tentunya harus menjamin layak fungsinya wahana tersebut. Oleh karena itu akan dilakukan  evaluasi di tempat wahana atau wisata lainnya.

Lanjut Eri, setiap pengelola atau investor yang mempunyai tempat wahana atau wisata juga harus memberikan laporan hasil kelayakan.

Selain itu, pengelola atau investor harus tahu kondisi fasilitasnya, karena setiap fasilitas permainan atau wahana harus sesuai dengan kapasitasnya.

 "Terkait evaluasi, itu semua sudah dilakukan atau belum oleh pengelola nanti kami cek lagi. Kalau tadi dengan dengar ceritanya ada wahana yang kelebihan beban, nah itu kan harus ada yang jaga dan harus sesuai maksimal wahananya, kalau tidak sesuai ya ambruk. Kami lihat dulu hasil evaluasinya, sembari menunggu hasil penyelidikan dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak," katanya.

Sementara itu atas insiden di Kenpark tersebut, Wali Kota Eri Cahyadi memberi peringatan kepada pihak pengelola, karena tidak mengutamakan keselamatan pengunjung pada fasilitas yang dimilikinya.

Untuk itu, Eri meminta manajemen Kenpark segera melakukan evaluasi secara keseluruhan demi keselamatan pengunjung. 

Wali Kota juga meminta kepada pihak pengelola untuk bertanggung jawab ke seluruh korban yang mengalami cedera dan memastikan tempat wisata di Kota Surabaya aman bagi wisatawan.

"Saya minta kepada manajemen untuk melakukan tanggung jawab dan bersinergi, bagaimana manajemen bisa memberikan kepastian bahwa tidak semua tempat wisata di Surabaya

 

Simak juga video berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.