Sukses

Jemaah Aboge Probolinggo Rayakan Idulfitri pada 4 Mei 2022

Berbeda dengan pemerintah yang merayakan Idulfitri pada 2 Mei 2022, Jemaah Islam Aboge di Probolinggo baru akan berlebaran pada 4 Mei 2022 mendatang.

Liputan6.com, Probolinggo - Jemaah Islam Aboge yang berada di Kabupaten Probolinggo baru akan merayakan Idulfitri pada Rabu (4/5/2022) mendatang. Jemaah yang tersebar di empat kecamatan di kabupaten berjuluk kota bayu itu mempunyai tata cara sendiri untuk menentukan hari lebaran. 

Jemaah Islam Aboge berpedoman pada kitab Jawa kuno atau kitab Mujarobat dalam menentukan hari raya Idulfitri. Hingga hari ini para Jemaah Islam Aboge pun masih melaksanakan salat tarawih dan puasa. 

"Jadi menurut hitungan dari kitab Jawa kuno, Lebaran itu jatuh pada Rabu 4 Mei 2022," kata Tokok Jemaah Islam Aboge Probolinggo, Kyai Buri Bariyah, Senin (2/5/2022). 

Bariyah mengatakan meski jemaahnya tak berlebaran bersamaan dengan pemerintah, Jemaah Islam Aboge di Probolinggo tetao hidup rukun bersama jemaah islam lainnya. 

"Jemaah Aboge hidup rukun dan saling hormat menghormati," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.