Sukses

Setelah Dilanda Pandemi, Pemkot Surabaya Kembali Gelar Salat Idul Fitri di Taman Surya Balai Kota

Akhirnya warga Surabaya bisa salat Idul Fitri di Taman Surya Balai Kota.

Liputan6.com, Jatim - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar pelaksanaan Salat Idul Fitri atau Salat Id berjamaah pada 1 Syawal 1443 H di Taman Surya Balai Kota. Ini setelah dua tahun sebelumnya, Salat Id di Taman Surya ditiadakan karena dampak dari situasi pandemi Covid-19.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya, Arief Boediarto, Kamis (28/4/2022) mengatakan bahwa pelaksanaan Salat Idul Fitri di Taman Surya, tetap menunggu pengumuman atau keputusan dari pemerintah pusat berdasarkan sidang isbat.

"Untuk pelaksanaannya kita mengikuti aturan dari pemerintah pusat, semoga tidak ada perbedaan waktu pelaksanaan antara NU dan Muhammadiyah," kata Arief.

Saat ini, pihaknya mulai menyiapkan sejumlah kebutuhan untuk pelaksanaan Salat Id di Taman Surya Balai Kota. Termasuk, berkoordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait mengenai pengawasan dan pengamanan selama pelaksanaan Salat Id.

Selain itu pada hari Minggu, 1 Mei 2022, pihaknya bersama Kanwil Kemenag Jawa Timur bakal menentukan arah kiblat. Termasuk pula, pembuatan saf Salat di Taman Surya Balai Kota.

Karena pelaksanaan Salat Id di Taman Surya sempat vakum dua tahun, pihaknya telah mengantisipasi sejumlah kemungkinan tingginya antusiasme warga yang datang.

Karenanya, Arief menyatakan, bahwa Jalan Yos Sudarso Surabaya bakal menjadi alternatif apabila Taman Surya Balai Kota melebihi kapasitas jemaah.

"Apabila tidak cukup, kita tarik ke Jalan Yos Sudarso. Tapi itu hanya rencana cadangan. Kalau di Taman Surya masih cukup, Alhamdulillah. Yang terpenting kita tetap menjaga protokol kesehatan," tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga yang berencana melaksanakan Salat Id di Taman Surya Balai Kota agar tetap memperhatikan prokes dan keamanan diri serta lingkungan. Utamanya, bagi para setiap orang tua yang datang bersama anak-anaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.