Sukses

Merinding, Rumah-Rumah Warga Situbondo Diserang Ribuan Ulat Bulu

Warga pun minta tolong pemerintah setempat agar segera memberi solusi untuk memusnahkan ulat bulu tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Warga Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo diresahkan dengan kemunculan ribuan ulat bulu di rumah mereka. Ulat bulu tersebut diduga berasal dari pohon yang berada di lahan kosong di sekitar rumah warga setempat.

Ulat bulu tersebut bahkan telah muncul sejak tiga hari terakhir. Sejumlah warga pun menderita gatal-gatal dan merasa risih serta jijik lantaran ribuan ulat bulu itu sudah mulai masuk ke dalam rumah warga.

"Awalnya saya kira hanya satu atau dua saja, namun setelah dilihat ternyata ribuan ulat bulu. Bahkan, saat ini sekitar tujuh rumah warga diserang ulat bulu, dengan cara menempel di dinding, bahkan sebagian ulat mulai masuk ke rumah warga," kata salah seorang warga Situbondo berinisal BW, Selasa (26/4/2022)

Dia menjelaskan bahwa sebagian warga yang rumahnya di serang ulat bulu itu pun tak bisa beristirahat dengan tenang. Ia pun berharap agar pemerintah setempat bisa memberikan solusi agar ulat bulu tersebut bisa segera musnah. 

“Saya dan warga sudah berusaha untuk membasmi hama ulat bulu tersebut dengan cara dibakar, agar tidak semakin luas masuk ke rumah, namun kenyataannya, ulat bulu makin banyak,” imbuhnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disemprot Pestisida

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, setelah ditelisik, ulat itu dipastikan berasal dari pohon di pekarangan kosong milik warga sekitar.

"Sehingga untuk mengantisipasi kejadian yang lebih parah lagi, kami langsung penyemprotan pestisida ke sejumlah pohon di pekarangan kosong dan ke rumah warga," kata dia.

Menurutnya, salah satu rumah yang diteror ribuan bulu itu, rumah dinas pengairan Pemkab Situbondo. Bahkan salah satu rumah sempat ditempati mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Situbondo, yakni almarhum Hadi Wiyono.

"Rumah warga yang diserang ulat bulu itu, rumah warga di lingkungan perumahan milik pengairan Situbondo," dia memungkasi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.