Sukses

Polda Jatim Pantau Jalur Alternatif Hingga Banyuwangi, Begini Hasilnya

Masyarakat diimbau tidak mudik pada hari-hari mendekati lebaran agar tidak terjadi penumpukan kendaraan

Liputan6.com, Jakarta Jajaran Polda Jawa Timur memantau kondisi jalur alternatif mulai dari Lamongan sampai Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Latief Usman menyatakan, sejumlah ruas jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas di Lamongan perlu disiapkan dengan matang untuk mengurangi kemacetan.

Latief menjelaskan, pengecekan Jalur Alternatif ini dilakukan melalui Elektronik Tactical Map Game (E-TMG). Selain itu, ia juga memberikan saran dan masukan kepada jajaran personel Satlantas Polres Lamongan agar mengikuti petunjuk pimpinan terkait tindakan represif edukatif kepada masyarakat.

“Tindakan represif edukatif kepada masyarakat diatur menggunakan Janur Kuning, dan optimalisasi penindakannya menggunakan ETLE maupun ETLE Mobile/Incar, serta Pos Pelayanan untuk masyarakat pemudik ini haruslah nyaman dan aman dengan inovasi-inovasi pelayanan prima,” terangnya, Selasa (26/4/2022).

Latif mengimbau masyarakat tidak mudik pada hari-hari mendekati lebaran agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Dirlantas Polda Jatim juga melakukan pengecekan di pintu masuk Jawa Timur, yakni di pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi.

"Kita pengecekan, untuk antisipasi betul mudik lebaran. Alhamdulilah kita lihat bersama sama pos pos pelayanan dan pengamanan sudah siap dan diharapkan pemudik bisa mulai mudik sekarang, tidak 28 April," ujar Kombes Latif.

Pada kesempatan tersebut, Latif Usman mengatakan, situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi terpantau normal dan lancar terkendali.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Pantauan

"Arus lalulintas di depan pelabuhan ASDP Ketapang cukup ramai namun masih tetap lancar terkendali. Tidak terjadi penumpukan arus penyebrangan di pintu masuk pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi," paparnya.

Perlu diketahui, dari hasil pantauan Dirlantas Polda Jatim, dinamika arus mudik lebaran 2022 baik jalur arteri dan jalur tol wilayah Jawa Timur. 

Sampai dengan hari ini Minggu (24/4/2022) belum terjadi lonjakan arus mudik. Arus lalu lintas berjalan lancar tanpa hambatan sedikitpun.

"Sampai dengan saat ini belum ada lonjakan arus lalulintas yang signifikan menuju Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, seluruh kendaraan yang masuk terpantau normal dan lancar ke dermaga yang beroperasional," ucap Kombes Latif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.