Sukses

Pemuda Magetan Ini Berhasil Ciptakan Motor Hybrid

Sebelumnya warga Magetan tersebut juga pernah menyulap sepeda biasa menjadi sepeda listrik

Liputan6.com, Jakarta Deni Kusumawan, warga Desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan Jawa Timur menyulap motor jadulnya menjadi kendaraan hybrid.

Pemuda 24 tahun ini menyulap sebuah sepeda motor jadul yang semula berbahan bakar bensin menjadi tenaga listrik. Sehingga, motor hybrid yang disulapnya menjadi ramah lingkungan dan hemat di kantong.

“Semua berawal dari hobi. Karena, saya suka mengutak-atik kendaraan bermotor dan sistem kelistrikannya,” kata Deni ditemui di Magetan, Senin (25/04/2022).

Deni mengatakan, Honda Minthi yang disulap menjadi bertenaga listrik ini, menghabiskan modal kurang lebih Rp7,5 juta. 

Bahkan, kendaraan tersebut sudah bisa ditumpangi dengan empat transmisi. Honda Minthi yang dirakit Deni ini bisa melaju hingga 40 Km.

“Kalau soal jarak tempuh, tergantung baterainya. Untuk baterai dan controler-nya diimpor dari Cina,” ungkapnya.

Deni juga pernah menyulap sepeda biasa menjadi sepeda listrik. Saat ini, ia tengah mengerjakan prototipe motor drag race bertenaga listrik. 

“Untuk project mobil listrik juga pernah. Kalau pas habis baterai tinggal ngecas saja dicolokan seperti HP” ungkapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Hybrid

Deni menerima bila ada warga yang ingin mengubah motor BBM menjadi bertenaga listrik. 

“Kalau listrik itu lebih hemat dan ramah lingkungan. Hanya memang belum populer di Indonesia,” tutur Deni.

Saat kuliah di Jakarta, Deni sempat bereksperimen. Putra kedua dari Sumantri ini sukses merancang Daihatsu Midget II hybrid. 

“Tugas akhir saya juga soal mobil tenaga listrik dan hybrid.” ucapnya.

Dijelaskannya, mobil Midget II hybrid ini menggunakan baterai lithium ion 3 kwh. Lantaran belum fast charging, baterai butuh 8 jam pengecasan untuk terisi penuh.

Sedangkan, pada project Honda Revo 2010 dirangkai menjadi motor hybrid. Di motor tersebut juga masih bisa menggunakan bahan bakar Bensin, Listrik dan Gas LPG.

“Kalau yang Honda Revo AT ini dipasangi motor listrik, punya tabung gas, dan bisa lari sampai sekitar 80 km/jam. Sementara khusus baterai saja bisa 30 km/jam,” jelas Deni yang menciptakan sepeda motor dengan tiga sumber daya itu.

Saat ini, dia bisa menerima pesanan menyulap motor atau sepeda pancal bertenaga listrik. Selain itu, Deni juga fokus mengembangkan usaha membuat alat peraga kelistrikan untuk bahan ajar di SMK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.