Sukses

Desa di Magetan Kembangkan Potensi Wisata Paralayang

Selain paralayang dan homestay, keberadaan potensi ini juga didukung wisata kuliner yang bisa menggugah selera pengunjung

Liputan6.com, Jakarta Olahraga paralayang menjadi destinasi andalan Desa Bungkuk, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan Jawa Timur dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Selain paralayang, Pemerintah Desa Bungkuk Kabupaten Magetan juga menyiapkan setidaknya 20 homestay. Keberadaan penginapan di rumah penduduk juga memenuhi kelayakan.

“Bungkuk menjadi satu-satunya desa di wilayah Magetan selatan yang oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diajukan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022,” kata Kepala Desa Bungkuk, Munirul Ikhwan, Kamis (21/04/2022).

Selain paralayang dan homestay, keberadaan potensi ini juga didukung wisata kuliner. Yakni, menu sego thiwul dengan paduan tradisional klasik.

Namun, dari sisi infrastruktur, wisata olahraga paralayang ini membutuhkan dukungan Pemkab Magetan. Yaitu, akses transportasi menuju lokasi take off.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Usulan

“Semoga ke depan, pemkab mengalokasikan anggaran untuk pembenahan akses jalan sebagai bentuk support detinasi wisata di kawasan Gunung Bungkuk dan Magetan selatan,” ujar Kepala Desa setempat.

Dalam ADWI 2022, ada 13 desa di Kabupaten Magetan yang diusulkan. Yak j Desa Sumberdodol dan Desa Jabung (Panekan), Desa Ngancar, Desa Pacalan, Desa Randugede, Desa Sidomukti (Plaosan), Desa Genilangit (Poncol).

Kemudian Desa Mrahu (Kartoharjo), Desa Simbatan (Nguntoronadi), Desa Kraton (Maospati), Desa Krowe (Lembeyan), Desa Gandek (Kawedanan), dan Desa Bungkuk (Parang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.