Sukses

Pemkab Kediri Gelontorkan Rp50 M untuk Perbaiki Fasilitas Kampung Inggris Pare

Hal itu dilakukan agar meningkatkan kembali kunjungan ke Kampung Inggris tersebut.

Liputan6.com, Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menganggarkan hingga Rp50 miliar untuk perbaikan fasilitas di Kampung Inggris, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Hal itu dilakukan agar para wisatawan dan pelajar kembali mau mengunjungi Kampung Inggris. 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan sebelum pandemi COVID-19, pengunjung Kampung Inggris mencapai 600.000 orang per tahun. Namun, di wilayah ini masih belum dikelola dengan baik sehingga belum bisa bersaing dengan kota wisata lain seperti Kota Batu yang jumlah kunjungan wisatawannya hingga 1 juta orang per tahun.

"Harapannya, nanti begitu (Kampung Inggris) dikelola dengan baik. Nanti bisa mengejar (target pengunjung) seperti Kota Batu," katanya di Kediri, Selasa.

Pihaknya menilai, potensi Kampung Inggris cukup besar. Selain pengunjung yang cukup banyak, mereka pun dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri. Pemkab Kediri merasa harus ada perbaikan fasilitas, sehingga fasilitas di tempat ini nantinya menjadi lebih baik.

Pemkab Kediri juga menyiapkan rencana penataan lokasi Kampung Inggris tersebut sebagai lokasi eduwisata, sehingga pengunjung pun juga lebih nyaman. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan kawasan Kampung Inggris ini mempunyai potensi besar, sehingga menarik dijadikan sebagai lokasi eduwisata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Awal

Langkah awal untuk perbaikan dilakukan pembangunan infrastruktur untuk penanganan kawasan kumuh khususnya di Kampung Inggris berupa pembangunan drainase untuk mencegah terjadinya banjir, perbaikan jalan lingkungan berupa pavingisasi untuk mempermudah akses masyarakat.

Selain perbaikan jalan dan pembangunan jalan, akan dilakukan perbaikan wajah lingkungan, pembangunan proteksi kebakaran seperti pembuatan pompa hidran dan pos apar, serta pembangunan sanitasi. Juga akan dibangun ruang terbuka hijau, sehingga lingkungan menjadi lebih segar.

Pemkab juga akan membuat Kampung Inggris ini menjadi hub pariwisata di Kabupaten Kediri, sehingga warga dari luar daerah pun bisa berkunjung langsung ke lokasi tersebut. Terlebih lagi, pembangunan bandara di Kabupaten Kediri sudah dalam proses.

Kampung Inggris juga sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus, sehingga pembangunan infrastruktur di Kampung Inggris menjadi prioritas Bupati. Perbaikan dilakukan secara bertahap di wilayah ini, sehingga harapannya di 2022 wilayah Kampung Inggris layak huni dan nol persen kawasan kumuh.

Pelopor Kampung Inggris, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri Kalend Osen mengatakan perbaikan kawasan ini sudah mulai dirasakannya dari aspek infrastruktur jalan.

"Ini dimulai (perbaikan). Di antaranya jalan diperbaiki," katanya.

Kalend juga menambahkan, Bupati juga sedang merintis Forum Kampung Bahasa (FKB) di Kampung Inggris.

"FKB ini nanti, sudah mulai dirintis Bupati. Jadi sudah berpikir ke depan. Berarti lebih luas dari Kampung Inggris. Orang boleh belajar Bahasa Arab, Perancis, dan sebagainya," kata dia.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.