Sukses

Tidak Ada Kebijakan Karantina Mudik ke Kediri, Tapi?

Pemkot Kediri Jawa Timur menegaskan telah menyiapkan sejumlah tempat sebagai lokasi vaksin booster covid-19 khususnya perantau yang ingin mudik

Liputan6.com, Jakarta Pemkot Kediri memastikan tidak memberlakukan karantina untuk pemudik Idul Fitri yang pulang kampung ke Kota Kediri Jawa Timur.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, pemerintah mengizinkan warga untuk mudik dengan syarat sudah vaksin dosis satu dan dua serta penguat atau booster covid-19.

Abdullah menegaskan telah menyiapkan sejumlah tempat sebagai lokasi vaksin booster covid-19. Tempat tersebut untuk memudahkan pemerintah memberi layanan kepada masyarakat yang ingin vaksin.

"Program itu juga gratis untuk masyarakat. Di beberapa tempat kami siapkan untuk suntik booster COVID-19. Di Masjid Semampir, Kediri Mall (pusat perbelanjaan) dan di rumah sakit ada," kata dia, Rabu (13/4/2022), dikutip dari Antara.

Pada kesempatan tersebut, Abdullah berharap kasus covid-19 terutama di Kota Kediri bisa tetap landai. Dalam beberapa waktu, di kota ini tidak ada tambahan kasus yang cukup signifikan.

Ia tetap meminta agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan selalu mengenakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan.

"Hal ini juga mengantisipasi penyebaran covid-19," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Massal

Saat Ramadhan, pemkot juga tetap menggelar kegiatan vaksinasi massal. Salah satunya dilakukan di pusat perbelanjaan Kediri Mall.

Dia menjelaskan, vaksinasi massal tersebut untuk mempercepat capaian kekebalan kelompok atau herd immunity. Kebijakan ini diadakan untuk mempercepat vaksinasi booster covid-19 di Indonesia.

Bila ada warga yang akan mudik atau keluar kota bisa booster covid-19 dulu karena kalau sudah vaksin booster akan lebih aman. Vaksinasi covid-19 yang digelar selama Ramadhan 2022 ini dimulai 7 April 2022.

"Melayani vaksin dosis pertama, kedua, dan vaksin booster COVID-19 untuk usia di atas 18 tahun, setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Jenis vaksin yang digunakan adalah Moderna dan Astra Zeneca dengan kuota sebanyak 250 orang setiap pelaksanaan vaksinasi," ujar dia.

Warga yang ingin vaksin bisa mendaftar dengan langsung datang ke Kediri Mall Lantai Mezzanine (depan Samsat Corner) mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB dengan membawa fotokopi KTP dan bukti vaksin atau sertifikat vaksin bagi yang akan vaksinasi kedua maupun booster COVID-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.