Sukses

Penukaran Uang Pada Layanan Drive Thru di BI Jatim Tembus Rp 500 Juta

Layanan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 hingga 15.00 WIB di kantor perwakilan BI Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Layanan penukaran uang baru melalui konsep drive thru di BI Jawa Timur mendapat respon tinggi dari masyarakat Surabaya.

Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Budi Harnoto mengatakan, sejak dibuka layanan penukaran uang pada Sabtu, 9 April 2022, ratusan juta uang baru terserap ke masyarakat.

"Antusiasme masyarakat Surabaya sangat tinggi saat dibuka layanan penukaran uang secara drive thru, terbukti Rp 500 juta habis dalam sehari," kata Budi, Kamis (14/4/2022).

Dia mengatakan, BI Jatim bekerja sama dengan 31 Perbankan Surabaya membuka layanan penukaran uang baru melalui Kas Keliling Bank Indonesia, layanan cabang perbankan tertentu, hingga konsep penukaran drive thru.

Hal ini dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat pada Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 H.

Budi mengatakan, drive thru merupakan layanan baru yang pertama kali diterapkan di Surabaya. Diharapkan ini mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya.

"Dengan dibukanya fasilitas layanan drive thru ini, saya harap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar. Di drive thru ini masyarakat dapat menukar denga aman, nyaman, gratis dan yang paling penting terhindar dari risiko menerima uang palsu," kata Budi.

Untuk layanan drive thru, Bank Indonesia Jatim membuka setiap hari Sabtu dan Minggu, yaitu tanggal 9, 10, 16, 17, 23 dan 24 April 2022.

Layanan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 hingga 15.00 WIB yang bertempat di Kantor Perwakilan WIlayah (KPw) BI Provinsi Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Titik

Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal Rp 3,8 juta yang terdiri dari maksimal satu pak/bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp 20.000 sampai pecahan Rp 1.000.

Selain layanan drive thru, Bank Indonesia Jatim juga menyediakan layanan penukaran uang dengan metode dan jadwal penukaran yang berbeda.

Pertama, layanan penukaran melalui Mobil Kas Keliling khusus Ramadhan yakni masyarakat dapat menukar uang rupiah di Museum De Javasche Bank (DJB) setiap hari Senin dan Perpustakaan Mayangkara setiap hari Rabu selama bulan Ramadhan.

Pada layanan kas keliling dengan kuota penukar sebanyak 50 orang per kegiatan ini, penukar diwajibkan terlebih dahulu melakukan pemesanan slot penukaran melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Kedua, layanan penukaran di 290 titik kantor cabang perbankan yang tersebar di Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Jombang dan Mojokerto.

Sementara itu, pada Lebaran tahun 2022 Bank Indonesia Jatim total menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12 triliun yang disebar di seluruh wilayah Jatim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.