Sukses

Pemkot Madiun Anggarkan Rp 5 Miliar Bangun Pondok Lansia

Pondok lansia itu bertujuan memfasilitasi para lansia di Kota Madiun yang selama ini tidak terawat.

Liputan6.com, Jakarta Pemkot Madiun Jawa Timur berencana membangun sebuah pondok untuk kaum lanjut usia (lansia) yang tidak terawat. 

Wali Kota Madiun Maidi mengaku telah mengalokasikan dana sebesar Rp 5 miliar melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD tahun 2022. 

Maidi menjelaskan, pondok lansia itu bertujuan memfasilitasi para lansia di Kota Madiun yang selama ini tidak terawat.

"Lokasi pondok lansia itu nantinya di sekitar Lapak UMKM Bumi Semendung. Sekarang sedang proses membangun jalannya," ujar Maidi dilansir Antara Rabu (13/4/2022).

Dia menyebutkan, berdasarkan data saat ini sebanyak 179 lansia di Kota Madiun dalam kondisi renta dan butuh perawatan. Sedangkan, Kota Madiun belum memiliki tempat khusus untuk merawat para lansia.

"Di pondok lansia ini nanti ada petugas khusus yang merawat lansia tersebut," kata dia.

Pondok lansia rencananya akan dibangun di atas tanah bengkok aset Pemkot Madiun seluas 2 hektare. Di area tersebut nantinya akan dibangun berbagai fasilitas yang menunjang kesehatan lansia. Seperti, rumah ibadah, lokasi olahraga, dan taman.

"Konsepnya, lansia laki-laki dan perempuan dipisah kanan-kiri. Kemudian, tengahnya ada masjid dan air mancur. Konsepnya dari saya sendiri," katanya.

Dia berharap pembangunan pondok lansia bisa rampung tahun ini. Sehingga, mulai tahun depan sudah dapat dioperasikan untuk merawat para lansia yang membutuhkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.