Sukses

Polisi Pastikan Api yang Membakar Tunjungan Plaza Surabaya Sudah Padam

Petugas Damkar langsung sigap memadamkan api yang membakar Tunjungan Plaza Surabaya dalam 15 menit

Liputan6.com, Jakarta Polisi memastikan api yang membakar Tunjungan Plaza Surabaya Jawa Timur sudah padam. Proses pemadaman Tunjungan Plaza tersebut selama 15 menit.

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan, petugas pemadam kebakaran bergerak cepate mengatasi api agar tidak merebet lebih besar di area komplek mall Tunjungan Plaza (TP). 

"Sekitar 15 menit api sudah padam. Petugas benar-benar bekerja sangat baik," ujar AKBP Hartoyo di Tunjungan Plaza, Rabu (13/4/2022) petang.

Hartoyo mengungkapkan, informasi sementara api berasal dari parkiran The Peaks lantai 8 Tunjungan Plaza 5 Surabaya.

Namun, Hartoyo belum bisa menyimpulkan penyebab datangnya api yang membakar TP 5 Surabaya itu.

Hartoyo mengatakan, sejauh ini belum ada laporan adanya korban jiwa. Petugas gabungan dari kepolisian, PMK dan satpol PP dibantu petugas keamanan internal mal berusaha mengevakuasi mobil yang ada di parkiran tersebut.

"Kerugian materiil masih proses pendataan. Selain itu, lokasi ini juga cukup jauh dari tenan yang ada di dalam mal," ujarnya. 

Sebelumnya, pusat perbelanjaan di pusat kota Surabaya, Tunjungan Plaza (TP) terbakar. Belum diketahui penyebab kebakaran, namun dalam video yang beredar di pesan singkat WhatsApp, banyak pengunjung yang lari berhamburan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siaga Petugas Damkar

Petugas Kedaruratan 112 Surabaya, Amir Akbar menerangkan sudah ada mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

"10 unit kami luncurkan plus 3 unit Bronto Skylift. Saat ini pak petugas PMK sudah di lokasi pemadaman," terang Amir Akbar, Rabu (13/4/2022) petang. 

Salah pengunjung TP warga Kembang Kuning Surabaya, Beni mengaku adanya asap dan api. Menurutnya banyak pengunjung panik berlarian. 

"Saya kebetulan ada di TP saat berbuka puasa. Waktu itu saya hendak makan terus panik juga saat lihat api yang semakin membesar," ujarnya.

Menurutnya, posisi dirinya berada pas jendela, sehingga asap terlihat jelas. "Itu sebelah Sogo TP3, cuma gak tau saya pastinya yang kebakar TP berapa," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.