Wah, Kini ada Replika Polisi di Pelintasan Kereta Tanpa Palang Pintu di Blitar

Oleh Liputan6.com pada 09 Apr 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 09 Apr 2022, 00:05 WIB
Replika polisi di pelintasan kereta api Blitar (Liputan6.com)
Perbesar
Replika polisi di pelintasan kereta api Blitar (Liputan6.com)

Liputan6.com, Blitar - Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Blitar memasang replika polisi di sejumlah titik pelintasan kereta api tanpa palang pintu pada Jumat (8/4/2022). Langkah itu diambil sebagai upaya untuk mencegah kecelakaan lalu lintas jelang mudik lebaran. 

Kasat Lantas Polres Blitar, AKP Kadek Aditya Yasa Putra mengatakan, setidaknya ada tiga titik lokasi pelintasan kereta api tanpa palang pintu yang dipasang replika polisi. Ketiganya adalah pelintasan di Desa Pasirharjo, Talun, dan Kendalrejo.

"Jadi pemasangan ini kita lakukan sebagai upaya pencegahan kecelakaan lalulintas di pelintasan kereta api tanpa palang pintu diwilayah hukum Polres Blitar. Hari ini ada tiga titik lokasi yang kita pasangi replika ini," kata Kadek, Jumat (8/4/2022). 

Menurutnya, di tiga titik yang dipasang replika polisi ini seringkali terjadi kecelakaan lalu lintas, hingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Selain itu, pemasangan replika polantas ini dimodifikasi dengan pemberian lampu merah berkedip, sehingga tetap berfungsi di malam hari.

"Tentunya ini juga merupakan salah satu langkah preventif dari kepolisian untuk mencegah kecelakaan lalu lintas di pelintasan kereta api tanpa palang pintu, khususnya menjelang lebaran Idul Fitri 2022 ini," jelasnya.

Kepala Desa Pasirharjo, Chusana menyampaikan pemasangan replika polantas ini sangat membantu masyarakat. Selain itu, diharapkan bisa menjadi tamparan keras bagi pemangku kebijakan atau instansi yang membindangi pelintasan kereta api.

Menurutnya, polantas yang biasanya berada di jalan raya, kali ini ikut hadir dan peduli dengan kondisi pelintasan kereta api tanpa palang pintu yang rawan terjadi kecelakaan.

"Hingga kini EWS atau sirine pengingat yang ada di perlintasan ini masih juga belum berfungsi. Kita berharap adanya pemasangan replika ini bisa menjadi pengingat bagi masyarakat pengguna jalan," ucapnya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya