Sukses

4 Bidang Keilmuan Masuk 500 Besar, Rangking ITS Surabaya Naik di QS WUR by Subject 2022

Liputan6.com, Jakarta Kampus Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya Jawa Timur menjadi salah satu universitas kelas dunia Hal itu berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) by Subject.

Kampus ITS Surabaya berada di peringkat 277 kategori Engineering & Technology. Manajer Senior Urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan mengungkapkan, terdapat total 51 bidang keilmuan yang dikelompokkan ke dalam lima Broad Subject Areas yang diusulkan Kampus ITS Surabaya.

Yakni Art & Humanities, Engineering & Technology, Life Sciences & Medicine, Natural Sciences, dan Social Sciences & Management dalam QS WUR by Subject. Dia menjelaskan, dalam QS World University Rangking 2022 by Subject untuk Broad Subject Area kali ini mempunyai lima indikator penilaian, yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, H-Index Citations, dan International Research Network (IRN).

“IRN merupakan indikator baru di tahun ini untuk Broad Subject Area,” imbuhnya, Kamis(7/4/2022).

Sementara itu, untuk bobot masing-masing indikator pada QS WUR by Subject untuk Broad Subject Area bervariasi. Untuk kategori Engineering & Technology, bobot masing-masing indikator adalah 40 persen untuk Academic.

Reputation, 30 persen untuk Employer Reputation, 10 persen untuk Citations per Paper, 10 persen untuk H-Index Citations, dan 10 persen International Research Network.

Dalam rilis QS WUR by Subject 2022, ITS berhasil menempati peringkat 277 untuk Broad Subject Area kategori Engineering & Technology. Untuk kategori Engineering & Technology, katanya, terbagi dalam empat bidang keilmuan yang lebih spesifik (Narrow Subject Area).

Yakni Computer Science & Information System, Mechanical Engineering, Electrical & Electronic, dan Chemical Engineering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Keilmuan

“Peringkat ini meningkat tajam dari hasil QS WUR by Subject 2021 sebelumnya, di mana ITS berada pada peringkat 401 – 450. Pada keempat bidang keilmuan tersebut, ITS berhasil masuk dalam 500 besar QS WUR by Subject 2022," kata dia.

QS WUR by Subject dalam Narrow Subject Area mempunyai bobot penilaian yang berbeda untuk tiap indikator di masing-masing bidang keilmuan. Namun, untuk seluruh jenis bidang keilmuan yang ada dalam lingkup Engineering & Technology mempunyai bobot yang sama untuk tiap indikator. Yakni 40 persen untuk Academic Reputation, 30 persen untuk Employer Reputation, 15 persen untuk Citations per Paper, dan 15 persen untuk H- Index Citations.

Berdasarkan penilaian tersebut, pada bidang keilmuan Mechanical Engineering, ITS berhasil menduduki peringkat 301 – 350 dunia dan peringkat 2 di Indonesia, di mana peringkat ini naik dari tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 351 – 400.

Berada pada peringkat yang sama, Chemical Engineering berhasil kembali masuk peringkat setelah tahun lalu lepas dari pemeringkatan by Subject.Kemudian pada bidang keilmuan Computer Science & Information System serta Electrical & Electronic, ITS berhasil meraih peringkat 351 – 400 di kedua bidang tersebut.

Peringkat tersebut naik dibandingkan tahun lalu yang masing-masing hanya puas menduduki peringkat 401 – 450 dan 451 – 500. Ke depannya, untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan capaian ITS, membangun jejaring riset di level internasional adalah hal yang perlu ditingkatkan.

“Selamat untuk ITS! Pencapaian ini merupakan apresiasi yang luar biasa terhadap semua hal yang telah dilakukan oleh sivitas akademika ITS,” tandas Rulli bangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.