Sukses

Gubernur Khofifah Pastikan Korban Semeru Tempati Hunian Baru Sebelum Lebaran

Korban erupsi Gunung Semeru dipastikan akan tinggal di lokasi baru yang telah dibangun secara gotong royong sebelum Lebaran 2022

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan korban erupsi Gunung Semeru dapat menempati hunian barudi Desa Sumbermujur Kabupaten Lumajang sebelum Lebaran 2022.

Gubernur Khofifah mengatakan hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) yang tengah dibangun sudah terpasang aliran listrik. Dengan begitu, lanjut dia, tidak lama lagi segera bisa dilakukan serah terima hunian kepada para penyintas.

"Sebelum Idul Fitri para pengungsi APG Gunung Semeru dapat segera menghuni huntara dan hunian tetap (huntap). Terlebih saat ini instalasi aliran listrik dan air sudah terpasang," katanya saat mengikuti kegiatan apel Bakti Pramuka Peduli Semeru Spesial Ramadhan di Lumajang, Rabu (6/4/2022), dilansir dari Antara.

Khofifah mengatakan, korban erupsi Gunung Semeru tinggal di lokasi baru yang telah dibangun secara gotong royong tersebut. Tidak hanya itu, lanjut dia, perencanaannya juga sangat bagus.

Sehingga, kata dia, pihaknya berharap bisa menjadi referensi bagi format relokasi kebencanaan di tempat lainnya di Jawa Timur.

"Hunian sementara dan hunian tetap di Lumajang sangat lengkap, karena telah menghitung seluruh ekosistem ekonomi maupun ekosistem alamnya," tuturnya.

"Kami memohon Pak Presiden Joko Widodo nantinya berkenan untuk meresmikan hunian sementara dan hunian tetap setelah seluruh instalasi selesai," sambung Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.