Sukses

Menikmati Kelezatan Bubur Muhdor Menu Buka Puasa Ramadhan khas Tuban

Bubur Muhdor diketahui hanya ada satu kali dalam setahun yakni saat momen Puasa Ramadhan oleh karena itu tak heran warga mengantre

Liputan6.com, Jakarta Menu berbuka puasa seperti gorengan ataupun minuman manis lainnya sepertinya sudah menjadi hal yang biasa.

Namun ada yang berbeda seperti yang ada di Masjid Muhdhor Kelurahan Sidomulyo, Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Bahkan, menu buka puasa di Kelurahan Sidomulyo Kabupaten Tuban tersebut sudah menjadi tradisi saat Ramadhan tiba. Sejunlah masyarakat rela mengantre di masjid itu untuk bisa mendapatkan bubur muhdhor sebagai menu buka puasa.

Takmir Masjid Muhdhor Agil Al Bunumay mengatakan, tradisi ini sudah lama dilakukan sejak tahun 1937. 

"Setiap kali bulan puasa memang masjid selalu membagikan bubur muhdhor sebagai menu buka puasa," ucapnya, Selasa (5/4/2022).

Lebih lanjut kata dia, bubur muhdhor ini hanya hadir saat bulan Ramadhan tiba. Maka tidak aneh banyak masyarakat yang mengantre untuk bisa menikmati lezatnya bunir muhdhor.

Bubur yang satu ini dibuat dari beras, bawang merah, bawang putih, santan, daging kambing dan bumbu-bjmbu lainnya yang pastinya bisa menggugah selera makan.

"Dari dulu bubur ini selalu diolah seperti biasanya dengan bahan yang sama, jadi tidak ada perubahan rasa dari dulu sampai sekarang," ujarnya.

Untuk bisa menyulap beras menjadi bubur, panitia masjid perlu memasak bahan-bahan tersebut selama 2,5 jam yang kemudian baru bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar.

Menilik ke sejarah, dahulunya bubur yang satu ini hanya dibagikan ke masyarakat kurang mampu dengan cara diantarkan dari rumah ke rumah. Namun hal itu dilakukan sampai tahun 70'an hingga akhirnya bubur ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.