Sukses

Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Sumenep Masih Tinggi

Ada beberapa kebutuhan pokok masyarakat yang tidak mengalami kenaikan harga pada pekan pertama Ramadhan di Sumenep Jatim

Liputan6.com, Jakarta Harga kebutuhan pokok masyarakat di sejumlah daerah Jawa Timur masih terpantau naik. Salah satunya harga cabai merah besar di pasar tradisional Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Dari informasi yang didapat, harga cabai merah besar di beberapa pasar tradisional Sumenep pada awal pekan bulan Ramadhan mencapai Rp 60.000 per kg. Harga tersebut naik Rp 10 ribu dibanding pekan lalu.

"Penyebabnya masalah stok pedagang Sumenep lebih banyak menjual cabai lokal dari Sumenep sendiri dan Pamekasan," ujar Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Sumenep Jawa Timur, Senin (4/4/2022).

Dia mengatakan, saat ini, pasokan cabai di Kabupaten Sumenep tercatat sedang berkurang. Sedangkan harga cabai rawit relatif stabil, yakni Rp 40.000 per kg.

Komoditas lain yang juga mengalami kenaikan harga adalah daging ayam broiler. Pekan lalu harga daging ayam potong ini Rp 38.000 per kg. Awal pekan ini naik menjadi Rp 40.000 per kg.

“Kenaikan harga daging ayam potong itu lebih karena tingginya permintaan di awal bulan Ramadan. Akibatnya hukum pasar pun berlaku,” ujarnya.

Namun demikian, untuk harga daging ayam kampung justru stabil Rp 80.000 per kg. Sementara harga daging sapi Rp 120.000 per kg.

Dia mengatakan, harga telur tidak berubah saat ini di kisaran Rp 24.000 per kg telur ayam ras. Untuk telur ayam kampung Rp 42.500 per kg.

"Kami rutin memantau harga sembako di pasar tradisional Sumenep," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.