Sukses

Selama Ramadhan, CFD Surabaya bakal Dilaksanakan Jelang Buka Puasa

Pemindahan waktu CFD itu masih dibahas oleh Pemkot Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Pelaksanaan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di Kota Surabaya, Jawa Timur, selama Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah diusulkan menjadi sore hari atau menjelang berbuka puasa. Perubahan jadwal CFD itu pun hingga kini masih dibahas di Pemkot Surabaya. 

"Kami inginnya sore, tetapi masih dikoordinasikan dengan kepolisian. Saya belum dilapori sama teman-teman soal jadwal CFD dibuat pagi atau sore," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Sabtu (2/4/2022). 

Selain kepolisian, lanjut dia, CFD juga tengah dilakukan pembahasan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya. Eri menjelaskan keinginan membuka CFD Surabaya pada sore hari untuk melibatkan para pelaku UMKM di daerah itu.

"Harapannya bisa sekaligus menggerakkan ekonomi kerakyatan saat Ramadhan," ujar dia.

Kepala DLH Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menyebut soal rencana CFD saat Ramadhan, pihaknya mengikuti instruksi dari Wali Kota Surabaya.

"Kalau ada perintah dari wali kota, misalnya buka sore ya silakan," kata dia.

Menurut dia, soal izin di dua lokasi CFD tersebut, masih menunggu laporan hasil asesmen. Saat ini, kata dia, CFD yang sudah berjalan di dua lokasi, yakni di Jalan Kertajaya dan Jalan Kembang Jepun.

"Mudah-mudahan CFD di Taman Bungkul dan Jalan Tunjungan bisa segera dibuka karena orang-orang (pelaku UMKM, red.) bisa jualan takjil juga di sana," kata dia.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.