Sukses

Heboh Kemunculan Makam Misterius di Tengah Hutan Lebakjabung Mojokerto

Seorang warga jombang mengaku mendapat wangsit dan firasat untuk memugar makam yang berada di sana.

Liputan6.com, Mojokerto - Warga Desa Lebakjabung, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto dihebohkan dengan penemuan makam misterius di tengah hutan petak 54C Resort Pengelolaah Hutan. Betapa tidak, makam misterius tersebut terlihat masih baru dengan dua batu nisan padahal jaraknya cukup jauh dari pemukiman warga. 

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lebakjabung, Achmad Yani mengatakan, makam misterius itu ditemukan pertama kali oleh warga bernama Sumarno pada Rabu (30/3/2022), yang kemudian melapor ke dirinya. Setelah dicek, dirinya melihat ada tulisan nama Joko Slamet di nisannya. 

"Tahu-tahu lihat itu kaget, pas ambil sisa panen jagung. Kondisinya masih baru. Perkiraan saya masih dua mingguan lah (dikubur). Ada namanya Joko Selamet," kata Yani, Jumat (1/4/2022).

Yani menjelaskan bahwa warga sekitar pun dibuat kaget dan heran. Pasalnya, selain lokasinya jauh dari pemukiman warga, wilayah hutan tersebut juga bukan tempat pemakaman umum. 

"Warga sini kaget. Hutan kan bukan pemakaman. Tiba-tiba ada makam baru. Tidak terdata di desa kami. Penduduk dari mana, jadi penuh tanda tanya," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makam Siapa?

Belakangan terungkap bahwa makam itu dibuat oleh seorang warga bernama Giyono. Namun dia mengaku hanya memasang batu nisan dan merapihkan makam saja setelah diminta oleh seseorang bernama Abu, warga Jombang. 

Giyono dan Abu pun belakangan diperiksa oleh pemerintah dan pihak kepolisian setempat. Anehnya keduanya juga tidak tahu jenazah yang berada di dalam makam itu siapa. Abu hanya mengaku mendapat firasat untuk memugar m akam tersebut. 

"Abu ini dapat firasat kalau di situ ada makam yang perlu dirawat. Jadi sampai sekarang belum diketahui isi makam," jelasnya.

Sementara itu, pengawas KRPH Lebakjabung, Royhan membenarkan, jika penemuan makam itu berada di kawasan Perum Perhutani petak 54C. Dua bulan sebelumnya saat dirinya melakukan pemantauan hutan, kondisi tempat makam yang ditemukan masih semak belukar.

"Ini memang di kawasan hutan Perum Perhutani, ceritanya dibersihkan lagi," ujarnya.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.