Sukses

Deretan Kuliner Unik Khas Tuban, Ada yang Terbuat Dari Tanah Liat

Beberapa kuliner khas Tuban, Jawa Timur ini pun terbilang cukup melegenda dan unik mulai dari bahan hingga proses pembuatannya

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya dikenal karena tempat wisatanya saja, akan tetapi Kota Tuban Jawa Timur juga populer akan kulinernya. Tak sedikit pula masyarakat yang rela berburu kuliner di Kota Tuban saat tengah berkunjung.

Beberapa kuliner Tuban Jawa Timur ini pun terbilang cukup melegenda dan unik. Tentu saja hal ini menjadi alasan masyarakat dan para wisatawan untuk menjajal makanan khas Tuban tersebut. 

Salah satu kuliner khas Tuban yang cukup terkenal dan melegenda ialah belut pedas. Kota Tuban sendiri memang dikenal dengan memiliki cita rasa pedas di setiap masakannya. Namun, selain belut pedas masih ada pula beberapa makanan khas Tuban yang wajib dicoba lho.

Dumbek

Masih dari jajanan tradisional yang cukup melegenda ialah Dumbek. Dumpek sendiri merupakan makanan khas tuban yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Pasalnya, jajanan satu ini terbuat dari tepung beras, gula merah, daun pandan, santan, parutan kelapa serta garam. Biasanya jajanan satu ini cukup mudah ditemui di pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau.

Salah satu makanan khas Tuban yang tak boleh terlewat ialah kari rajungan. Rajungan sendiri merupakan jenis kepiting kecil dan mudah ditemui di pesisir pantai. Menu kari rajungan sendiri memiliki cita rasa yang guris sekaligus penas.

Proses memasak dari makanan satu ini pun cenderung cukup tradisional dengan menggunakan kayu bakar. Kari rajungan pun sangat cocok untuk disajikan dengan sepiring nasi hangat.

Belut Pedas

Bagi pecinta belut tentu saja tak boleh melewatkan makanan legendaris satu ini. Belut pedas sendiri merupakan makanan khas Tuban yang sangat populer di masyarakat.

Sebelumnya, belut yang telah dibersihkan akan digoreng hingga kering kemudian dibumbui pedas. Biasanya, olahan belut pedas satu ini sering disajikan dengan nasi jagung sebagai penambah cita rasa.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Becek Menthok

Becek Menthok merupakan salah satu makanan khas Tuban yang memiliki cita rasa cukup kuat. Pasalnya, pengolahan becek menthok yang berbahan dasar menthok ini menggunakan cukup banyak bumbu dan rempah.

Cara memasak becek menthok sendiri tak terlalu sulit. Sebelumnya setelah dibersihkan, kamu hanya perlu mengungkep menthok dengan bawang putih, kunyit, daun jeruk, ketumbar hingga yang telah dihaluskan hingga empuk. 

Kemudian tumis bawang merah dan putih, cabai, kunyit, ketumbar, jahe, daun jerus yang telah dihaluskan serta lengkuas. Setelah itu masukan menthok yang telah direbus dan tambahkan garam serta santan secukupnya. Masak hingga mendidi dan taburi dengan irisan bawang goreng. Biasanya becek menthok juga disajikan bersama dengan sate menthok.

Garang Asem

Garang asem juga menjadi salah satu makanan khas Tuban yang tak boleh terlewat. Makanan dengan cita rasa sedikit asam dan pedas ini sangat menggugah selera, apalagi jika disajikan dengan sepiring nasi hangat. Kamu pun bisa dengan mudah menemui menu makanan satu ini di kota Tuban.

Ampo

Salah satu makana khas Tuban yang cukup unik ialah Ampo. Ampo sendiri merupakan sebuah jajanan yang cukup legendaris bagi masyarakat Tuban. Pasalnya, makanan satu ini cukup unik karena terbuat dari tanah liat. Biasanya Ampo disajikan untuk pendamping kopi maupun teh. Tertarik untuk mencicipi Ampo ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.