Sukses

Kudapan Khas Probolinggo Ini Menggugah Selera Makan

Tak mengherankan makanan khas Probolinggo banyak dicari oleh wisatawan dan penikmat kuliner

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Probolinggo tak boleh terlewat saat pengunjung melancong ke daerah ini. Probolinggo merupakan kota terbesar keempat di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan Kediri menurut jumlah penduduk. 

Kota dan Kabupaten Probolinggo juga berada di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Probolinggo memiliki beberapa makanan khas dan istimewa. 

Makanan khas ini menjadi kebanggaan warga Probolinggo. Tak mengherankan makanan khas Probolinggo banyak dicari oleh wisatawan dan penikmat kuliner.

Berikut deretan makanan khas Probolinggo ini bisa ditemukan dengan mudah dan terjangkau.

Kepiting Olok

Makanan khas Probolinggo yang paling terkenal adalah Kepiting Olok. Olok, adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat Probolinggo untuk menyebut kepiting muda yang terdapar di pantai. Kepiting Olok diolah menjadi kuliner lezat yang begitu menggugah selera.

Kepiting Olok dibuat dengan mengukus kepiting dan memisahkan daging dari cangkangnya. Daging kepiting kemudian diolah bersama campuran udang dan bumbu lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkangnya. Kepiting Olok punya cita rasa gurih dan manis yang lezat.

Soto Kraksaan

Soto Kraksaan merupakan soto ayam yang bisa ditemui di Kecamatan Kraksaan. Ibu kota Kabupaten Probolinggo. Ciri khas dari Soto Kraksaan adalah kuahnya yang terbuat dari santan yang tidak terlalu kental.

Soto Kraksaan biasa disajikan bersama serbuk kelapa yang disangrai, iriasn kentang kukus, dan kerupuk udan. Soto Kraksaan yang terkenal terletak di sebelah masjid Krasaan Ar-Raudlah dan dekat alun alun kota Kraksaan.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasi Glepungan

Nasi Glepungan mirip seperti nasi campur dengan lauk pauk lengkap. Yang cukup unik dari nasi ini adalah nasi yang digunakan merupakan campuran dari nasi dan sari-sari jagung.

Nasi Glepungan biasanya terdiri dari ikan asin, lalapan, sambal pedas, sayur kelor, tempe dan tahu penyet. Nasi ini disajikan dalam satu piring.

Nasi Jagung

Selain nasi glepungan, Probolinggo juga terkenal dengan nasi jagungnya. Nasi jagung khas Probolinggo patut dicoba bagi penikmat kuliner tradisional. Nasi Jagung menjadi kuliner khas yang dibanggakan di Probolinggo.

Nasi Jagung banyak ditemukan di kuliner malam Probolinggo. Salah satu nasi jagung yang legendaris di Probolinggo adalah nasi jagung merpati yang ada di Jl. Sunan Kalijaga 77 Kecamatan Mayangan, probolinggo.

Ketan Kratok

Sekilas Ketan Kratok mirip dengan ketan pada umumnya. Keistimewaan ketan ini adalah campuran kratok atau kacang koronya. Beras ketan direndam, dicuci, dan dimasak bersama kacang koro. Ketan kemudian disajikan bersama taburan kelapa parut dan gula merah cair atau juruh.

Keripik kentang

Keripik kentang merupakan camilan khas yang bisa ditemukan di Probolinggo. Keripik kentang juga menjadi oleh-oleh saat berwisata ke Bromo via Probolinggo. Keripik kentang khas Probolinggo berukuran besar, berwarna putih susu, dengan tekstur yang renyah.

Anggur Prabu Bestari

Probolinggo dikenal sebagai kota anggur. Buah anggur akan banyak ditemukan di sepanjang jalan kota dan kabupaten Probolinggo. Jenis anggur andalan di Probolinggo adalah Anggur Prabu Bestari.

Perkebunan Anggur Prabu Bestari sudah ada sejak tahun 80-an. Sepanjang jalan Mastrip Desa Wonoasih, merupakan sentra anggur terbesar di Probolinggo. Anggur Prabu Bestari sangat segar, warnanya cerah, manis dan harum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.