Sukses

Deretan Wisata Kuliner Unik Hanya Ada di Sumenep

Satai merupakan salah satu produk kuliner yang melekat dengan masayarakat Madura Jawa Timur yang merantau ke luar daerah

Liputan6.com, Jakarta Sumenep merupakan kabupaten yang terletak paling timur pulau Madura Provinsi Jawa Timur. Sama seperti daerah lainnya, Sumenep punya makanan khas yang dikenal kelezatannya.

Kuliner khas Sumenep ini sudah menjadi makanan sehari-hari warga Sumenep Jawa Timur. Sumenep dikenal dengan kuliner sate Maduranya.

Sate Madura khas Sumenep bahkan bisa ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Namun, selain satai, ada banyak makanan khas Sumenep yang tak kalah nikmat.

Soto Sabrang

Soto Sabreng merupakan makanan khas Sumenep yang unik. Soto ini merupakan soto babat yang disajikan bersama lontong dan singkong rebus. Soto ini juga menggunakan bumbu kacang sebagai bagian dari kuahnya. Bumbu kacang soto Sabreng terbuat dari kacang tanah yang telah dihaluskan dan dicampur dengan petis ikan dan bumbu lainnya. Bumbu kacang yang kental ini disiram di atas lontong, singkong, dan babat, lalu dilanjutkan dengan siraman kuah soto yang segar.

Soto Selingkuh

Soto selingkuh atau juga dikenal dengan rujak selingkuh merupakan perpaduan dari soto dan rujak. Sekilas, soto ini mirip dengan rujak soto yang ada di Banyuwangi. Soto ini mulai populer sejak awal 2000-an di jalan Dr Wahidin, Sumenep.

Soto selingkuh merupakan soto babat yang disajikan bersama sayuran ala rujak, lengkap dengan bumbu kacangnya. Penyajian soto selingkuh dimulai dengan lontong, singkong, sayuran, dan lontong, kemudian diberi bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, pisang muda, petis dan gula merah. Soto kemudian disiram dengan kuah soto babat yang panas dan mengepul.

Soto campur

Soto campur ini juga mirip dengan soto sabreng dan soto selingkuh. Soto campur merupakan perpaduan dari soto dan rujak. Bedanya kuah dari soto campur menggunakan santan dan cabai yang telah dihaluskan. Soto campur bisa ditemukan di daerah Kebonagung, Sumenep.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lontong Campor

Olahan campur lainnya adalah campor. Campor atau juga disebut dengan lontong campor berisi lontong, daging sapi, irisan timun, soun, bawang goreng, irisan bawan daun, bumbu kacang dan cabai. Sementara kuah campor terbuat dari campuran sup daging, merica, santan, bawang putih, cabe merah, pala, kayu manis dan rempah rempah lainnya.

Kalsot

Selain kaldu kokot, Sumenep juga punya olahan kaldu lainnya yaitu kaldu soto atau kalsot. Kalsot terbuat dari kaldu sapi yang dimasak bersama bumbu soto yang khas. Kalsot biasanya berisi kikil, daging sapi, tulang sapi dan kacang hijau.

Masak Pae

Masak Pae merupakan olahan sup merah dengan 'pie' di dalamnya. Pae atau pie terbuat dari campuran kentang dan telur yang diolah seperti kue pie. Pie ini kemudian dipotong dan disajikan bersama kuah merah yang gurih. Kuah masak pae juga biasanya berisi campuran kacang polong dan daging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.