Sukses

Moeldoko Minta HKTI Jatim Bantu Tekan 'Pedasnya' Harga Cabai

Salah satu caranya adalah dengan meminta para pengurus HKTI Jatim menanam cabai di rumah mereka masing-masing.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko meminta agar para pengurus di tiap cabang daerah di Jawa Timur turun tangan membantu menekan harga cabai rawit yang kian hari kian 'pedas'. Kepla staf kepresidenan itu bahkan yakin bahwa anggota HKTI Jatim mempu melakukan itu. 

"Saya rasa tidak sulit bagi para pengurus HKTI untuk menekankan agar tiap warga di rumahnya masing-masing menanam cabai rawit. Bisa ditanam di polybag kok," kata Moeldoko saat menghadiri pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) HKTI Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa malam (22/3/2022). 

Moeldoko mengaku di rumahnya di Menteng, Jakarta, sampai sekarang masih menanam cabai rawit. Tak hanya cabai sejumlah tanaman komoditi lain juga ia tanam di rumah pribadinya tersebut.

"Saya juga masih beternak ayam di rumah," tuturnya.

Pada intinya, lanjutnya, dia berharap agar pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HKTI Jawa Timur, melalui program-programnya, dapat membantu pemerintah daerah, khususnya dalam mengentas kemiskinan.

"HKTI harus bisa memberikan bantuan kepada pemerintah daerah, dari sektor pertanian khususnya. Untuk itu, program-programnya harus nyambung dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Pemerintah Daerah," tuturnya.

Ketua DPD HKTI Jawa Timur Ony Anwar Harsono menyatakan optimistis untuk bangkit membenahi konsolidasi organisasi demi melaksanakan program kerja dengan kemandirian anggota, dalam rangka menyokong roda perekonomian di bidang pertanian dan pangan, serta melibatkan dinas-dinas dan organisasi kemasyarakatan terkait.

"HKTI Jawa Timur bersama seluruh jajarannya di daerah kabupaten siap bersama pemerintah mewujudkan ketahanan pangan, sekaligus mewujudkan kesejahteraan ekonomi petani," katanya.

Sekretaris DPD HKTI Jawa Timur Warsito menandaskan agenda Rakerda I Tahun 2022 dalam rangka menginput pemikiran maupun aspirasi masing-masing DPC sebagai rumusan program ke depan.

"Forum Rakerda merupakan bagian dari upaya kita untuk melakukan penguatan struktural organisasi HKTI dalam upaya membangun peran konkret pembangunan pertanian di Jawa Timur," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.