Sukses

Deretan Pesona Alam Populer di Jombang, Selain Wisata Religi

Jombang merupakan wilayah yang tidak memiliki garis pantai di Jawa Timur namun tetap tidak kehilangan pesona wisata alamnya

Liputan6.com, Jakarta Jombang Jawa Timur kerap dikenal sebagai kota santri karena memiliki jumlah pondok pesantren yang terbilang cukup banyak. Diketahui, Jombang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang letaknya menghubungkan Surabaya dengan Madiun.

Selain dikenal sebagai kota santri, Kabupaten Jombang menyimpan potensi wisata yang tak kalah mempesona dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur.

Wisata Jombang tak kalah mempesona dengan kabupaten lain di Jawa Timur. Jombang merupakan wilayah yang tidak memiliki garis pantai, namun Jombang tetap tidak kehilangan pesona wisata alamnya.

Banyak wisata Jombang yang menyajikan pemandangan alam yang memukau. Mulai dari air terjun, goa, waduk hingga wisata pegunungan tersedia di Jombang.

Jadi, buat kamu yang sedang berencana mengunjungi Jombang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa wisata Jombang yang sudah cukup populer.

Kedung Cinet

Saat berkunjung ke Jombang, rasanya kurang lengkap kalau enggak mengunjungi Kedung Cinet. Wisata Jombang yang satu ini bisa dibilang miniatur dari Grand Canyon. Kedung Cinet merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah cukup populer dan merupakan destinasi primadona bagi pelancong yang tertarik dengan lanskap anti-mainstream.

Kedung Cinet ini merupakan wisata alam di Jombang yang terbentuk dari kombinasi tebing bebatuan kapur dengan aliran air bernuansa hijau di sekitarnya. Selain itu, wisata ini juga memiliki panorama hutan hijau yang rimbun sehingga udara yang dihasilkan masih sangat segar.

Lokasi wisata Kedung Cinet ini terletak di Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang, tepatnya berada di 10 kilometer dari jembatan Ploso Brantas. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, kamu perlu melewati jembatan gantung yang sudah cukup tua dan menyusuri sungai Brantas yang cukup deras.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Terjun Tretes

Wisata Jombang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Tretes. Ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian aliran airnya sekitar 158 meter. Air terjun ini terletak di wilayah dataran tinggi, yaitu di sekitar 1250 mdpl.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi ini, membuat suasana di sekitar air terjun cenderung terasa sangat sejuk. Selain itu, kondisi alam di sekitarnya juga masih terjaga dengan baik, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Air terjun Tretes ini tidak memiliki debit air yang besar, namun di sini kamu tetap bisa menikmati nuansa alami. Adanya bongkahan batu yang berada di depan air terjun bisa kamu jadikan sebagai spot untuk berswafoto.

Lokasi air terjun Tretes ini berada di Desa Galengdowo, Wonosalam, jombang. Tempatnya ini masih satu lokasi dengan Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) yang ada di Kompleks Gunung Anjasmoro. Walaupun lokasinya berada di wilayah pegunungan, namun akses untuk menuju ke air terjun ini sudah cukup bagus.

Taman Keplaksari

Wisata Jombang yang murah meriah dengan mengusung konsep eco-green yang sangat ramah lingkungan ini bisa kamu coba kunjungi, namanya adalah Taman Keplaksari. Taman ini bisa kamu jadikan sebagai opsi yang menarik untuk sekedar bersantai dan menikmati pemandangan taman yang hijau.

Di taman ini terdapat puluhan patung binatang yang terbuat dari bahan- bahan daur ulang, sehingga menjadi keunikan tersendiri. Di sini kamu bisa menikmati fasilitas yang ada seperti memancing di kolam pemancingan, menikmati taman yang segar, danau dengan air yang jernih, serta lapangan tenis.

Taman ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan masa libur di akhir pekan. Lokasinya yang mudah dijangkau, membuat Taman Keplaksari menjadi salah satu tujuan wisata Jombang.

3 dari 3 halaman

Goa Sigolo Golo

Goa Sigolo Golo merupakan salah satu destinasi wisata Jombang yang cukup mengesankan. Goa yang berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Wonosalam, Jombang ini memiliki panorama alam yang memukau. Hijaunya lanskap perbukitan di sekitarnya serta hawa yang sejuk menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk bersantai di kawasan ini.

Kamu bisa menikmati keindahan alamnya melalui mulut goa. Ya, dari sini kamu bisa menikmati pemandangan alam di luar goa yang terlihat bergitu eksotis. Lalu, di atas goa terdapat bulu view, yang merupakan lokasi dimana kamu bisa melihat semua pemandangan di area sekitar mulai dari sungai Boro dan gunung Kukus.

Medannya yang sulit ditempuh, menjadikan tempat wisata Jombang ini cocok dikunjungi buat kamu yang suka perjalanan wisata dengan sentuhan petualangan. Ya, untuk mencapai lokasi ini kamu perlu berjalan kaki menaiki anak tangga untuk mencapai mulut goa. Namun, tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga kamu menikmati keindahan alam di sini.

Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi pada dasarnya bukan merupakan objek wisata yang bisa dikunjungi secara bebas. Pasalnya tempat ini merupakan sebuah vila yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan. Di tempat ini kamu bisa bersantai di pinggiran kolam sembari menikmati sejuknya udara khas pedesaan.

Banyak hal menarik yang menjadikan tempat ini kerap dikunjungi wisatwan dari berbagai daerah. Soalnya, wisata Jombang ini juga memiliki banyak wahana permainan. Di sini kamu juga bisa mengerjakan berbagai macam aktivitas wisata seperti berkeliling lokasi Kampoeng Djawi dengan menggunakan kapal sampan, bersepeda, dan lain sebaginya.

Kampoeng Djawi ini berada di ketinggian 750 di atas permukaan laut dengan udara yang cukup segar dikelilingi pegunungan dan hamparan sawah di sekitar, sehingga mmeperkuat suasana desa yang menyatu dengan keindahan alam. Destinasi ini termasuk dalam wisata Jombang yang sudah cukup terkenal, dan banyak dipilih untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, langsung saja bertandang ke lokasi yang berada di Desa Godang, Wonosalam, Jombang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.