Sukses

Deretan Wisata di Jawa Timur yang Mirip Dengan Luar Negeri

Berbagai destinasi di dalam negeri tidak kalah keren dengan yang ada di luar negeri oleh karena itu jangan ragu untuk datang ke Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata lengkap, menawarkan beragam wisata alam seperti pegunungan, pantai, gua, hingga air terjun.

Tidak hanya itu, ada juga wisata budaya hingga berbagai acara festival seni. Belakangan, Wisata Jawa Timur disebut mirip dengan wisata yang ada di luar negeri karena memiliki destinasi yang tidak kalah indah.

Sekarang ini, banyak orang yang menyiapkan rencana untuk berlibur ke luar negeri. Padahal, berbagai destinasi di dalam negeri tidak kalah keren dengan yang ada di luar negeri.

Wisata mirip luar negeri ini tersebar di berbagai wilayah Jawa Timur. Berikut deretan destinasi wisata Jawa Timur yang tidak kalah keren dengan di luar negeri dirangkum dari berbagai sumber Liputan6.com:

Taman Nasional Baluran

Padang savana yang tak kalah menarik untuk dikunjungi ini terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, kab. Situbondo. Taman Nasional Baluran memiliki hamparan padang rumput yang sangat luas.

Sebagai salah satu wisata Jawa Timur mirip luar negeri, Baluran mendapat julukan Africa Van Java atau Little Africa. Hal ini tidak lepas karena terdapat padang Savana yang sangat luas dengan banyak satwa liarnya. Banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang yang lumayan buas, kerbau dan burung merah yang indah, semua ada di Baluran. Keberadaan satwa liar ini menjadi ciri khas kawasan konservasi Taman Nasional Baluran.

Luas Taman Nasional Baluran 25 ribu hektare dengan memiliki beberapa jenis hutan, satwa dan tumbuhan yang 40% adalah vegetasi savana. Baluran juga disebut sebagai miniatur hutan Indonesia karena hampir seluruh tipe hutan ada di Baluran.

Di dalamnya terdapat Vegetasi Savana, hutan Mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sungai Maron Pacitan dan Hutan Bambu

Pacitan menjadi destinasi wisata Jawa Timur yang sangat populer. Bukan cuma karena memiliki pantai dengan panorama yang indah, namun juga karena adanya Sungai Maron.

Sungai ini cukup lebar dan sekelilingnya dipenuhi oleh pohon-pohon yang rimbun. Berkat suasana hijau yang menawan, spot ini disebut juga sebagai Sungai Amazonnya Indonesia.

Wisata Jawa Timur mirip luar negeri ini memang memiliki warna kehijauan. Hal ini lantaran sungai tersebut cukup dalam. Bahkan bagian terdalamnya mencapai 20 meter dan airnya sendiri sangat jernih.

Sungai ini memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer. Wisatawan bisa menyusuri sungai ini dengan perahu yang disewakan di sana.

Hutan Bambu Keputih

Sepintas melihat Hutan Bambu Keputih akan mengingatkanmu akan keindahan Hutan Bambu Sagano di Jepang. Dikelilingi pepohonan bambu yang rindang, nuansa asri terasa sekali saat mulai menjelajahi salah satu wisata Jawa Timur mirip luar negeri ini.

Terletak di atas tanah 8,5 hektar, Hutan Bambu Keputih memang tidak terlalu luas. Namun, dengan empat jalur penjelajahan yang berbeda sudah cukup buat pengunjung melepaskan penat di kepala sambil hunting foto.

Menariknya Hutan Bambu Keputih dulunya merupakan tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Sebelum akhirnya disulap oleh Pemprov Surabaya menjadi sebuah hutan bambu serta taman bermain yang dapat digunakan warga berekreasi.

 

3 dari 5 halaman

Bukit Kapur Madura

Bukit Kapur Jaddih di Madura merupakan tempat wisata Jawa Timur mirip luar negeri yang layak untuk kamu kunjungi jika mencari tempat instagramable. Dulunya, Bukit Kapur Jaddih atau lebih dikenal dengan nama Bukit Jaddih adalah sebuah penambangan batu kapur putih dan bukan tempat wisata yang dikunjungi banyak wisatawan layaknya sekarang.

Namun, sisa-sisa penambangan batu kapur itu membentuk pemandangan menakjubkan yang dapat membius wisatawan. Bukit-bukit penambangan tak hanya menyisakan pahatan atau ukiran saja.

Namun, juga menghasilkan gua-gua kecil yang tak kalah menarik. Berkat penampakannya yang unik, spot wisata ini sering disebut mirip dengan Cappadocia di Turki.

Bukit yang berada di wilayah Bangkalan ini juga memiliki kolam renang bernama Gua Potte.

4 dari 5 halaman

Gua Gong, Patung Budha Empat Wajah

Kembali lagi ke Pacintan, wisata Jawa Timur mirip luar negeri selanjutnya adalah Goa Gong. Pacitan menawarkan wisata goa yang dikenal dengan nama Goa Gong yang menawarkan pemandangan indah dari stalaktit dan stalamit yang begitu menakjubkan.

Goa ini bahkan menjadi salah satu dari tujuh tempat wisata yang menjadi andalan Kabupaten Pacitan. Bahkan karena keindahan stalaktit dan stalakmit yang dimiliki membuat Goa Gong menjadi goa terindah se-Asia Tenggara.

Goa ini berada diantara gunung-gunung berapi non-aktif yang ada di Jawa Timur. Kedalaman salah satu wisata Jawa Timur mirip luar negeri ini mencapai 256 256 meter dan dibutuhkan waktu 2 jam untuk menelusuri keseluruhan area goa.

Goa Gong masuk dalam kawasan Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung. Dari mulut goa, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dimana terdapat sebuah pagar kristal yang sangat indah, dibalut dengan pancaran lampu yang tidak kalah menarik.

Pemandangan di dalamnya tak kalah dengan goa Phong Nha yang ada di Vietnam. Di ujung goa, pengujung juga akan menemukan stalaktit yang sangat besar dan ketika dipukul akan mengeluarkan suara ‘gong’.

Selain di Bangkok, patung Buddha 4 wajah juga dibangun di kawasan Pantai Ria Kenjeran, sekitar 8 km dari pusat Kota Surabaya, Jawa Timur. Dibangun sejak 2003 dan diresmikan berdiri pada 2004, Patung Buddha 4 Wajah ini kerap menjadi destinasi wisata alternatif bagi mereka yang ingin merasakan angin pantai sambil menikmati suasana yang hening.

Kompleks Patung Buddha 4 Wajah dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar dengan bangunan berukuran 9x9 meter. Patung Buddha 4 wajah ini serupa dengan yang ada di Bangkok, Thailand, yang melambangkan wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan dari kejahatan.

Wisata Jawa Timur mirip luar negeri ini dilapisi oleh emas, sehingga nampak berkilau meski dilihat di malam hari.

5 dari 5 halaman

Simpang Lima Gumul di Kediri

Simpang Lima Gumul yang berada di Kabupaten Kediri ini merupakan monumen yang sangat terkenal di Kabupaten Kediri. Monumen ini sangat mirip dengan Monumen Arc De Triomphe yang terkenal di kota Paris, Prancis.

Monumen ini terdiri 6 lantai yang ditumpu oleh 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasarnya. Monumen ini dijadikan tempat pagelaran seni budaya hingga pameran produk-produk unggulan Kabupaten Kediri.

Selain itu wisata Jawa Timur mirip luar negeri ini juga sering dijadikan tempat untuk event lomba seperti drag race atau gathering dari berbagai komunitas yang ada di Kediri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.