Sukses

Edan, Penampakan Monster-Monster Jawara Kelas Ekstrem Kontes Sapi Jember 2022

Kelas A atau ekstrim dimenangkan oleh sapi Penton asal Tangerang, disusul Sapi Wisanggeni, Lumbir, Banyumas dan Arjuna, Situbondo.

Liputan6.com, Jember - Ada yang berbeda dari kontes sapi di Jember, Jawa Timur, Maret 2022 ini. Ratusan peserta dari berbagai daerah se-Jawa tumplek blek dalam gelaran kontes yang memperebutkan juara di berbagai kelas itu.

Sapi-sapi jumbo atau pecinta sapi kerap menyebutnya sapi monster, dari berbagai daerah hadir memeriahkan Bupati Jember Open Cup 2022 ini.

Pemkab Jember berkolaborasi dengan Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) menggelar kontes sapi memperebutkan piala Bupati Jember ini akan digelar selama dua hari yakni hari Sabtu-Minggu 12-13 Maret 2022 di kawasan Jember Sport Garden (JSG).

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. mengaku takjub dengan gelaran kontes sapi yang bertempat di Jember kali ini.

“Kami berkolaborasi dengan APPSI Jawa Timur dan Jember menggelar kontes sapi yang ditempatkan di Jember dan ini luar biasa diikuti peserta tidak hanya dari Jawa Timur saja, tapi seluruh pulau jawa ini datang ke sini,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peternakan Sapi di Jember

Dari kontes sapi ini, Bupati Hendy mengaku Jember belum ada apa-apanya terhadap potensi penggemukan sapi dari daerah lain, padahal Jember mempunyai populasi sapi yang menurutnya sudah tinggi.

Dari itulah, dia menangkap bahwa penggemukan sapi memiliki potensi yang sangat luar biasa yang patut digenjot lagi oleh Pemkab Jember.

“Peluang penggemukan sapi di sini perlu diatur lebih baik lagi, ini tanggung jawab kami Pemkab Jember, peternakan sapi di Jember harus lebih besar lagi,” sambung Bupati Hendy Siswanto.

Dia mengintruksikan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan untuk terus menjalin kolaborasi dengan APPSI dan kembali menggelar kontes sapi lebih besar lagi di Jember.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Juara Sapi Kelas Ekstrim

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo yang hadir mendampingi Bupati Jember dalam penutupan kontes sapi APPSI ini sangat kagum dengan adanya sapi yang tampil dalam kontes piala Bupati Jember ini.

Selain jumbo, sapi yang tampil juga cukup sehat sehingga menambah ketat dalam persaingannya di kontes ini. Selain itu Kapolres Jember juga diberi penghormatan dengan menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang kontes.

Kontes Sapi yang digelar di Kabupaten Jember ini merupakan Piala Bupati Jember bekerja sama dengan APPSI ( Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia ) pusat yang diketuai oleh H.Dadang.

Dalam kontes ini, kontes dibagi menjadi beberapa kategori. Kelas A atau Ekstrim merah juara pertama dimenangkan oleh sapi bernama Penton dengan berat 1,3435 ton asal Kota Tangerang, pemilik Salman.

Juara dua bernama Wisanggeni berat 1,245 ton asal Lumbir, Banyumas milik Joko Susilo. Juara ketiga bernama Arjuna, berat 1,2419 ton asal Banyuputih, Situbondo, milik Ustaz Rossi.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.