Sukses

Teruntuk Para Pelancong, Berwisata ke Surabaya kini Harus Daftar Online

Seorang wisatawan mengaku pendaftarannya sangat mudah.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya meminta para pelancong mendaftar secara daring sebelum berwisata ke Kota Surabaya, Jawa Timur. Pendaftaran online itu dapat dilakukan melalui laman web tiketwisata.surabaya.go.id.

"Pendaftaran secara daring mudah kok. Saya sudah mendaftar, tinggal sekarang masuk," kata salah seorang wisatawan Fanani saat berkunjung ke tempat wisata Alun-Alun Surabaya di Jalan Gubernur Suryo No. 15, Surabaya, Kamis (17/3/2022). 

Fanani mengaku senang dengan dibukanya sejumlah tempat wisata Surabaya, salah satunya Alun-Alun Surabaya. Menurutnya, Alun-Alun salah satu tempat wisata yang cukup fenomenal di Kota Pahlawan serta kebanggaan are-arek Surabaya.

"Setelah saya dapat informasi Alun-Alun buka, saya langsung mengajak teman dan kerabat saya untuk berkunjung," ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Gedung Seni Balai Budaya, Saidatul Ma’munah mengatakan, pihaknya membuka kembali tempat wisata Alun-Alun Surabaya baik area ruang terbuka (outdoor) maupun ruang bawah tanah (basement).

Menurut dia, pemulihan dan pembukaan tempat wisata ini, berdasarkan pemberlakuan PPKM Level 2 yang resmi diterapkan di Kota Pahlawan.

Selain itu, lanjut dia, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 16 Tahun 2022, yakni untuk fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) mendapatkan izin buka dengan kapasitas 75 persen.

"Kami membuka Alun-Alun Surabaya dengan prokes ketat. Bagi pengunjung yang hendak memasuki area Alun-Alun wajib melakukan skrining melalui aplikasi Peduli Lindungi," kata Saida.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung Anak-anak

Ia menjelaskan, bagi pengunjung anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun wajib didampingi orang tua yang telah melakukan vaksinasi dosis 2. Serta, diwajibkan telah melakukan pendaftaran secara online melalui laman web tiketwisata.surabaya.go.id, bagi pengunjung yang hendak memasuki area basement Alun-Alun Surabaya.

"Hal ini untuk menghitung kapasitas pengunjung yang telah kami terapkan. Untuk area outdoor memiliki kapasitas maksimal 200 pengunjung dan area basement dengan kapasitas 100 pengunjung," katanya.

Meski demikian, masyarakat dapat langsung mengunjungi area wisata outdoor Alun-Alun Surabaya tanpa melakukan pemesanan tiket, yakni setiap hari Senin hingga Minggu pada pukul 07.00 WIB - 21.00 WIB. Sedangkan untuk area wisata basement Alun-Alun Surabaya mulai beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 09.00 WIB - 19.00 WIB.

"Di area basement Alun-Alun Surabaya, pengunjung bisa menikmati pameran karya seni yang telah kami sediakan. Tetapi untuk pembukaan lapak UMKM, kami masih menunggu arahan selanjutnya," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.