Sukses

PT PLN Suplai 170 MVA untuk PT Freeport di Gresik

Hal itu dilakukan untuk mendukung pemerintah meningkatkan nilai tambah bagi produk tambang dalam negeri melalui proses hilirisasi mineral.

Liputan6.com, Jatim - PT PLN (Persero) menyalurkan listrik sebesar 170 MVA (Mega Volt Ampere) ke fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter milik PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur.

Hal itu dilakukan untuk mendukung pemerintah meningkatkan nilai tambah bagi produk tambang dalam negeri melalui proses hilirisasi mineral.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangannya mengatakan proyek smelterFreeport Indonesia merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional dalam mendongkrak perekonomian negara, sehingga perlu didukung.

"Peran PLN ialah melayani dan menyediakan pasokan listrik yang handal, berkualitas, dan harga yang kompetitif bagi pelanggan industri smelter di seluruh Indonesia," katanya yang dilansir dari Antara, Senin (14/03/2022).

Hal itu tertera dalam Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) antara PLN dan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) sebagai operator KEK Gresik.

Menurutnya penyediaan tenaga listrik akan dilakukan dalam empat tahap, yakni tahap pertama sebesar 30 MVA pada September 2023, tahap kedua sebesar 60 MVA pada 26 Desember 2023, tahap tiga sebesar 110 MVA pada Maret 2024, dan tahap empat sebesar 170 MVA pada Juni 2024.

"Penandatanganan PJBTL PB 170 MVA dengan BKMS 100 persen untuk menyuplai smelterFreeport Indonesia yang ada di kawasan KEK Gresik," sebutnya.

Kemudian, Bob menerangkan penyediaan ketenagalistrikan untuk smelter Freeport Indonesia dipasok melalui dua subsistem 150 kV, yaitu subsistem Krian 3,4 dan subsistem Ngimbang masing-masing dua sirkuit.

"Dalam PJBTL ini smelter Freeport Indonesia menjadi pelanggan listrik premium platinum,” lanjutnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Energi Terbarukan

Kemudian, mendukung penyediaan pasokan listrik dari energi hijau, PLN memiliki produk terbaru berupa sertifikat energi terbarukan atau renewable energy certificate (REC) sehingga setiap satu unit REC merepresentasikan 1 MWh energi baru terbarukan pada suatu pembangkit dalam waktu tertentu.

"Program ini bisa dimanfaatkan para pelaku industri yang berkontribusi dalam penggunaan listrik ramah lingkungan,” katanya.

Direktur Utama Freeport Indonesia Tony Wenas menjelaskan pihaknya memakai listrik PLN karena harga listriknya yang mampu bersaing, sehingga bisa mengefisienkan operasional pabrik ke depan.

"Ternyata memakai listrik PLN tidak terlalu mahal. Ini juga sebagai langkah kami untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas listrik di Jawa Timur," kata Tony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.