Sukses

Sandiaga Uno Ingin Buat Konsep Ekonomi Berbasis Wisata Olahraga di Pacitan

Rencana itu sejalan dengan teritorial Kabupaten Pacitan yang sangat strategis.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno optimis dapat menyusun tatanan baru konsep ekonomi berbasis wisata olahraga di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dia meyakini daerah tersebut dapat mengadakan dua atau tiga ajang wisata olahraga guna membangkitkan ekonomi.

"Saya sangat optimistis karena Pacitan ini letak geografisnya sangat strategis di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jadi, mudah-mudahan ini juga bisa menjadi spot untuk sepeda, spot untuk lari dan trail run (lari lintas gunung), serta beberapa kegiatan pariwisata berbasis olahraga," ucapnya saat mengikuti Fun Run 10 K di Pacitan sebagaimana dalam keterangan pers yang ditulis di Jakarta, Minggu (13/3/2022) seperti dilansir Antara. 

Ajang wisata olahraga ini dianggap tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga dapat dijadikan strategi memperkenalkan destinasi wisata. Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengharapkan Pacitan mampu mengembangkan potensi ekowisata (ecotourism) untuk menarik wisatawan.

"Tadi saya sudah merasakan sensasi lari di sini, dan saya melihat bahwa Pacitan ini sangat ramah lingkungan. Jadi nanti, selain wisata olahraga, juga bisa dikenalkan dengan ecotourism," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan bahwa ajang Fun Run bisa mempromosikan destinasi wisata di Pacitan.

"Harapannya ini bisa jadi alat promosi wisata Pacitan. Karena, banyak sekali daya tarik wisata yang ada di Pacitan ini yang saya yakin hanya ada di Pacitan dan ini semua keindahannya luar biasa," ungkapnya.

Fun Run 10 K merupakan ajang wisata olahraga yang diselenggarakan oleh Asosiasi Festival, Event & Kreatif Indonesia (Afekindo) untuk menyemarakkan hari lahir Pacitan ke-277.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.