Sukses

Harga Stabil, Pemkab Lumajang Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Hingga Ramadhan

Pemkab Lumajang mengimbau agar masyarakat tidak berbelanja atau membeli sembako di luar kebutuhan normal untuk menjaga tidak terjadi lonjakan

Liputan6.com, Jakarta Pemkab Lumajang Jawa Timur memastikan pasokan bahan pokok menjelang Ramadhan masih aman bahkan harga jualnya relatif masih stabil.

Kabdid Perdagangan dan Metrologi Legal Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang Hisbulloh Hadi Kurniawan mengatakan ada beberapa kenaikan namun masih dalam batas wajar.

Ia mengaku telah melakukan koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang untuk memastikan stok bahan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Namun demikian, untuk mengantisipasi kebutuhan pasar meningkat dan terjadi ketidakstabilan harga sembako, maka akan dilakukan operasi pasar di sejumlah titik," tuturnya, dilansir Antara, Minggu (13/3/2022).

Untuk menjaga agar tidak terjadi lonjakan harga dan kelangkaan bahan pokok, Pemkab Lumajang mengimbau agar masyarakat tidak berbelanja atau membeli sembako di luar kebutuhan normal.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan penimbunan baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk dijual kembali. Dia meminta tidak mundah terpancing isu atau informasi yang tidak jelas terkait bahan pokok.

"Masyarakat tidak perlu panik, belanja sesuai dengan kebutuhan saja dan yang jelas pemerintah akan mengupayakan ketersediaan bahan pokok, untuk pelaku usaha jangan memanfaatkan situasi dengan menimbun," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.