Sukses

Misteri Sosok Perempuan Berkonde Penyuka Anak Kecil di Kalimas Surabaya

Di balik keindahannya, sungai Kalimas juga menyimpan banyak cerita misteri.

Liputan6.com, Surabaya - Sungai Kalimas tepat membelah ramainya Kota Surabaya sebagai kota metropolitan. Sungai yang bermuara di dermaga ini memiliki panjang hingga 14 kilometer dan kedalaman 2,5 meter saat pasang.

Warga Surabaya bisa naik perahu menyusuri  sungai kalimas  menikmati keindahan bangunan di sepanjang sungai.

Di balik keindahannya, sungai Kalimas Surabaya juga menyimpan banyak cerita misteri. Dikutip dari berbagai sumber, masyarakat setempat percaya ada sosok penunggu Kalimas yang kerap menampakan diri.

Makhluk tak kasat mata ini disebut memakai kebaya, berkain jarik dan berkonde atau bersanggul. Konon banyaknya korban jiwa akibat tenggelam di Kalimas disebabkan  sang penunggu sungai ini.

Makhluk astral sungai ini disebut gemar “menarik” anak-anak, sehingga hampir semua anak yang tenggelam di Kalimas akan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Apabila sosok perempuan yang memakai adat Jawa ini menyukai seorang anak, maka ia akan menggodanya. Jika si anak sudah tercebur di sungai Kalimas, anak tersebut akan langsung ditarik ke dasar sungai.

Masyarakat setempat juga percaya, tidak semua jasad anak yang tercebur akibat ulah sosok ini dapat ditemukan. Hanya anak-anak yang memiliki peringai baik sajalah, jasadnya akan diikembalikan. Begitu pula sebaliknya, apabila anak tersebut berperingai jahat jasadnya tidak akan pernah ditemukan.

Sementara itu di sungai Kalimas telah dipasang beraneka rambu-rambu peringatan, mulai dari rambu dilarang berenang dan memancing. Tujuannya agar tidak ada lagi kasus anak tenggelam di sungai ini, walaupun kasus serupa tetap kerap terjadi di sungai Kalimas Surabaya.

(Tifani)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.