Sukses

Warga Jatim, Simak Tips Hilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami Hingga Bumbu Dapur

Manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati kondisi eksim, yakni masalah kulit yang memicu munculnya ketombe di kepala 

Liputan6.com, Jakarta Merasa gatal di kepala yang disebabkan oleh ketombe. Kebanyakan orang yang berketombe merasa malu dan tidak percaya diri sehingga kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan ketombe muncul, seperti kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis. 

Ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara hilangkan ketombe membandel dan gatal. Berikut cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami :

Minyak Kelapa

Kondisi kulit kepala yang kering bisa memperburuk masalah ketombe yang Anda alami. Menggunakan minyak kelapa bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami karena kemampuannya menghidrasi kulit kepala.

Sebuah studi menemukan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati kondisi eksim, yakni masalah kulit yang memicu munculnya ketombe. 

Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamu penyebab infeksi. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, pijat kulit kepala secara perlahan.

Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo. Pastikan Anda membersihkan kulit kepala agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Lidah Buaya

Menurut sebuah laporan ilmiah yang dimuat dalam Biomed Research International manfaat lidah buaya berasal dari kandungan antibakteri dan anti jamur yang dapat melawan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau aloe vera kemasan yang dijual di pasaran.

Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dengan cara memijatnya perlahan sampai benar-benar terserap sempurna.

Kemudian, bilas kulit kepala setelah mendiamkannya selama kurang lebih 1 jam. Lakukan cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini 2 kali dalam sepekan.

Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami, seperti cuka apel, juga bisa Anda terapkan di rumah. Sifat asam pada cuka apel disebut mampu membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Manfaat cuka apel untuk rambut juga dapat menyeimbangkan pH kulit guna mengurangi pertumbuhan jamur yang jadi penyebab ketombe.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa cara mengatasi ketombe dengan cuka apel ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.

Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai cara alami menghilangkan ketombe, coba campurkan beberapa tetes cuka apel dengan sampo, atau minyak esensial lain. 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minyak sereh

Minyak sereh juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.Minyak sereh memiliki zat antimikroba dan antiradang yang dapat mengurangi kemunculan ketombe. Menurut sebuah riset kecil yang dimuat dalam Complementary Medicine Research, produk hair tonic yang mengandung 10% minyak sereh mampu mengurangi ketombe sampai 81% setelah penggunaan 2 minggu. 

Anda bisa mencampurkan 2-3 tetes minyak sereh pada sampo atau kondisioner yang biasa digunakan, lalu usapkan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas kulit kepala sampai bersih. 

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Garam

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan garam banyak dilakukan oleh beberapa orang.Garam dapur diklaim mampu mengeksfoliasi karena dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori sehingga ketombe tidak akan datang lagi.Cara menghilangkan ketombe dengan garam juga diyakini dapat menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang terkadang menjadi penyebab ketombe muncul. 

Cara menghilangkan ketombe dengan garam bisa dilakukan dengan membasahi rambut Anda terlebih dahulu.Setelah itu, taburkan garam ke kulit kepala.

Kemudian, lakukan gerakan seperti pijatan di kulit kepala sampai ketombe rontok. Selanjutnya, gunakan sampo dan bilas rambut seperti biasa.Selain digunakan sendiri, cara alami menghilangkan ketombe dengan garam juga bisa dicampurkan dengan bahan-bahan alami lain untuk meningkatkan efektivitasnya. 

Misalnya, cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka apel, lidah buaya, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka apel cukup mencampurkan sedikit garam dan beberapa tetes cuka apel.Aduk merata sampai membentuk scrub kental.

Oleskan seraya menggosokkannya pada kulit kepala berketombe. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

Jeruk Nipis

Buah golongan citrus dengan cita rasa asam dipercaya dapat mengusir ketombe membandel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis dianggap ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. 

Sebab, air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe, yakni Malassezia furfur.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa dengan mengoleskan perasan airnya ke permukaan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipis dapat meresap ke dalam kulit dan folikel rambut.

Bilas dengan air hangat sampai bersih. Keramas menggunakan sampo anti ketombe formula sedang.

Langkah ini bisa dilakukan selama beberapa minggu hingga ketombe membaik dan hilang sepenuhnya dari kulit kepala Anda.Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa pula dicampur dengan bahan alami lain, seperti cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun, dan garam.

Untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan cuka apel, Anda membutuhkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan 2 sendok makan cuka apel.

Kemudian, campurkan kedua bahan di atas dalam sebuah mangkuk kecil. Oleskan pada permukaan kulit kepala dan helaian rambut secara merata dan diamkan selama 1,5 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.